Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sanggar Seni dari NTT Ikut Ajang Kebudayaan Internasional di Amerika

LABUAN BAJO KOMPAS.com - Sanggar Seni Wela Rana dari Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan tampil dalam ajang kebudayaan internasional di Kota Panama Amerika Tengah, pada 19-27 Oktober 2023.

Sanggar yang dipimpin oleh budayawan Manggarai Bapak Felix Edon ini akan tampil bersama sejumlah sanggar lain yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 

Sanggar Seni Wela Rana akan mengutus tujuh orang terdiri dari satu orang pelatih dan enam orang penari dan pemain alat musik tradisional.

  • 5 Fakta Labuan Bajo di NTT, dari Lokasi hingga Oleh-oleh
  • 4 Rekomendasi Spot Diving di Labuan Bajo NTT

Felix Edon mengatakan, Sanggar Wela Rana pernah mencetak sejumlah prestasi, sehingga membuatnya terpilih. 

Beberapa di antaranya Juara Satu Kompetisi Musik Nusantara 2021, Juara Lima Kompetisi Tari Kreasi Baru 2022, dan Juara Lima Kompetisi Musik Nusantara 2023.

Sanggar yang telah terdaftar dalam Komunitas Gentra Lestari Budaya itu diutus ke luar negeri sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang telah dicapai. 

"Kami nanti ke sana (Panama) bersama teman-teman lain dari NTB, Sumatera, Kalimantan dan Jawa," terangnya." ungkap Felix saat dikonfirmasi, Rabu (11/10/2023).

  • Mengejar Matahari Terbenam di Selat Gonzalu NTT
  • Kampung Lembah Wol, Spot Sunrise di Balik Gunung di NTT

Bupati Manggarai, Herybertus Nabit mengapresiasi pencapaian Sanggar Wela Rana yang dinilai membuat daerah tersebut bangga dan menjadi contoh bagi para penerus. 

Ia pun berharap, setelah kembali dari Panama para anggota sanggar tetap berkiprah, tidak merasa puas, serta giat berlatih dan tidak melupakan pendidikan.

"Tetap berimbang baik akademik maupun non akademik," ujarnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/10/12/070900027/sanggar-seni-dari-ntt-ikut-ajang-kebudayaan-internasional-di-amerika

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke