Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti: Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket

KOMPAS.com - Museum Kepresidenan Republik Indonesia (RI) Balai Kirti merupakan museum yang menyimpan koleksi berupa barang-barang yang dulu digunakan oleh mantan Presiden Indonesia selama menjabat.

Di sini pengunjung bisa melihat seragam kebesaran masing-masing presiden, prestasi selama menjabat, dan profil setiap presiden.

Saat berkunjung ke lokasi pada Rabu (18/10/2023), Kompas.com melihat museum ini terdiri dai tiga lantai. Lantai pertama disebut sebagai Galeri Kebangsaan, lantai kedua disebut Galeri Kepresidenan, sementara lantai tiga difungsikan sebagai ruang rapat.

Menambahakan dari laman resmi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, ide pendirian museum muncul pada tahun 2012 atas prakarsa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pembangunan museum berlangsung sekitar dua tahun, dan pada 18 Oktober 2014 Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepala Museum Kepresidenan Balai Kirti, Linda Siagian mengatakan bahwa Museum Kepresidenan RI Balai Kirti terbuka untuk masyarakat umum. Simak panduannya berikut ini.

Lokasi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti berada di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jalan Ir. Haji Juanda Nomor 1, Paledang, Bogor, Jawa Barat.

Jam buka Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti beroperasional setiap hari, kecuali hari Senin dan Libur Nasional.

Selasa sampai Sabtu museum buka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Sementara pada hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

Harga tiket masuk Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Tidak ada tarif tiket masuk ke Museum Kepresidenan RI Balai Kirti yang perlu dibayar, alias gratis. Calon pengunjung cukup mengajukan surat kunjungan dahulu sebelum datang.

"Betul, sebelum datang harus registrasi (kirim surat) kunjungan minimal tiga hari sebelum berkunjung," katanya.

Surat izin berkunjung ke Museum Kepresidenan Balai Kirti dapat dikirim melalui surat elektronik ke: balaikirtimuseumkepresidenanRI@gmail.com.

Selain itu bisa jiga mengajukan langsung ke laman resmi Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, atau klik tautan berikut: https://museumkepresidenan.id/kunjungan-museum/

https://travel.kompas.com/read/2023/10/23/111100327/museum-kepresidenan-ri-balai-kirti--lokasi-jam-buka-harga-tiket

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke