Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Aktivitas di Jak-Japan Matsuri 2023, Belajar Budaya Jepang sampai Nonton Konser

KOMPAS.com - Festival budaya Jak-Japan Matsuri kembali digelar tahun ini, dengan lebih luas dan meriah. Tersisa satu hari sampai 19 November 2023, Jak-Japan Matsuri dapat dikunjungi di Arena Gambir, JIEXPO Kemayoran, Jakarta Utara. 

"Jak-Japan Matsuri bertujuan untuk mempromosikan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang melalui wadah pertukaran budaya antara kedua belah pihak," kata Direktur Bagian Informasi dan Kebudayaan Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang Hoshino Daisuke kepada Kompas.com di lokasi, Sabtu (18/11/2023).

Ia mengungkap, agenda tahunan ini menunjukkan eratnya persahabatan antara kedua negara. Kedua pihak juga dapat mengenal lebih dalam budaya masing-masing. 

Masyarakat Indonesia dapat mempelajari kebudayaan Jepang, seperti upacara teh, pertunjukan seni, lokakarya terkait beasiswa ke Negeri Sakura, dan lokakarya kerajinan tangan.

Sementara itu, di sisi lain, warga Jepang yang tinggal di Indonesia, kata Hoshino, bisa mencoba aneka lokakarya Nusantara yang ada, seperti membatik, permainan tradisional, dan gamelan.

“Ada banyak hal yang kami tawarkan. Semua pengunjung diharapkan bisa mencoba berbagai aktivitas dan dapat bersenang-senang sekaligus menambah wawasan Jepang-Indonesia," imbuhnya. 

Festival ini diselenggarakan oleh Yayasan Jabat Hati Indonesia-Jepang yang didukung oleh Kedubes Jepang Indonesia, The Japan Foundation, dan Premprov DKI Jakarta. 

Aktivitas di Jak-Japan Matsuri 2023

Tertarik untuk datang ke JJM 2023 yang sisa satu hari lagi, simak apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di festival ini. 

1. Lihat pertunjukan budaya Jepang

Deretan pertunjukan dan parade tradisional Jepang menjadi salah satu ikon acara Jak-Japan Festival 2023. Layaknya di Negeri Sakura, pengunjung akan bisa menyaksikan langsung penampilan-penampilan ciamik. 

Mulai dari parade Mikoshi yaitu tandu yang dihias dengan megah, dengan ukuran bervariasi yang dibawa oleh puluhan orang, menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu.

Selain itu, ada juga pertunjukan Taiko, alat musik tradisional Jepang berbentuk gendang beraneka ukuran. 

Pada waktu dan lokasi tertentu, aneka pertunjukan khas Jepang termasuk menari bersama akan bisa dinikmati oleh pengunjung di lapangan terbuka yang ada di tengah-tengah. Cek rundown agar bisa menikmati pertunjukan yang kamu mau. 


2. Ikut aneka workshop

Sebagai event pertukaran budaya Jepang-Indonesia, pengunjung akan dapat mencoba banyak sekali workshop (lokakarya) khas kedua negara. 

Dari Indonesia, ada workshop menari tradisional Bali, bermain alat musik gamelan, membatik, hingga mencoba pakaian tradisional Jakarta pada jam tertentu. 

Sedangkan dari Jepang sendiri, terdapat workshop upacara teh atau Chanoyu, kerajinan tradisional khas Jepang yaitu Kurumi-E, workshop beasiswa monbukagakusho, dan masih banyak lagi. 

Agenda workshop tersebut rata-rata gratis. Namun, perhatikan kembali waktu dan lokasi pelaksanaan, agar tidak ketinggalan. 

3. Ikut aneka lomba dan permainan

Para cosplay (costume player) dapat berlomba-lomba menampilkan tampilan terbaik mereka, sambil mengikuti agenda Cosplay Runway. 

Tak hanya bagi para cosplayer, pengunjung umum juga bisa mengikuti berbagai permainan dan lomba yang seru.

Mulai dari mencoba permainan tradisional Jepang seperti Kendama, Origami, dan gasing Jepang, sambil ikut Quiz Tournament. Ada juga pojok permainan tradisional Indonesia seperti congklak. 

Lalu, kamu bisa mencoba lomba lompat tali berkelompok hingga lomba makan roti yang biasa dilakukan saat acara undokai (sports day) di Jepang. 

Berbagai lomba dan permainan ini sama seperti pertunjukan, ada yang memiliki waktu dan jadwal tersendiri. Jadi, jangan lupa cek rundown dan catat agenda perlombaan yang ingin kamu ikuti ya. 


4. Nonton konser

Selama dua hari gelaran JJM tahun ini, pengunjung akan bisa menikmati alunan musik yang dibawakan oleh artis-artis top Indonesia serta yang didatangkan langsung dari Jepang. 

"Kali ini kami juga mengundang beberapa artis top dari Jepang, seperti penyanyi yang terkenal karena mengisi soundtrack anime," kata Hoshino. 

Artis terkenal pengisi soundtrack anime tersebut seperti Yama, lalu ada Da-iCe yang pernah mengisi OST opening sial anime ke-23 One Piece, Ramengvrl musisi hip hop Tanah Air, Weird Genius, JKT48, SKE48, Phychic Fever, Ballistik Boys, dan Salma Salsabil. 

5. Mencicipi aneka kuliner

Datang ke festival tentu terasa kurang tanpa mencicipi aneka kuliner. Di Jak-Japan Matsuri 2023, kamu dapat menikmati berbagai kuliner khas Negeri Sakura. 

Mulai dari Yakisoba, sushi, onigiri, takoyaki, gurita bakar, ramen, nasi karage, nasi tamago, bento, dan masih banyak lagi. Kisaran harganya mulai Rp 18.000-Rp 50.000an. 

Pengunjung dapat berburu aneka kuliner di booth-booth yang tersebar di beberapa titik. Untuk memastikannya, jangan terburu-buru dan cek kembali denah lokasi di media sosial JJM 2023. 


6. Berburu foto

Festival Jepang di Indonesia tentu diramaikan oleh para cosplay (costume player), sebutan bagi seseorang yang mengenakan kostum, riasan wajah, dan berperan menyerupai karakter fiksi, seperti anime, manga, video game hingga film. 

Jak-Japan Matsuri dapat menjadi ajang kamu berburu foto para cosplayer ataupun meminta foto bersama mereka. Kostum dan riasan para cosplayer yang menarik tentunya sayang untuk dilewatkan. 

Tak hanya cosplay, beberapa spot di Jak-Japan Matsuri seperti salah satunya pohon sakura bisa menjadi tempat berfoto yang ciamik. Jangan lupa kenakan pakaian terbaikmu agar pengalaman di festival menjadi lebih maksimal. 

7. Membeli merchandise dan produk khas Jepang

Jak-Japan Matsuri 2023 menawarkan sejumlah booth dan tempat khusus merchandise Jepang. Mulai dari yang diproduksi lokal bertema Jepang, hingga merchandise asli tersedia. 

Beberapa merchandise yang bisa diborong antara lain bando karakter, gantungan kunci, kaos, kostum unik, hingga stiker, yang dibanderol dengan harga puluhan ribu. 

Sedangkan produk asli dari Jepang seperti komik, mainan, dan figur pajangan karakter-karakter terkenal seperti Hatsune Miku, memiliki kisaran harga Rp 200.000 hingga Rp 500.000-an per buah. 

https://travel.kompas.com/read/2023/11/19/111100327/7-aktivitas-di-jak-japan-matsuri-2023-belajar-budaya-jepang-sampai-nonton

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke