Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kegiatan di Pesanggrahan Menumbing Bangka Barat, Tempat Pengasingan Bung Hatta

BANGKA BARAT, KOMPAS.com - Pesanggrahan Menumbing di puncak perbukitan Menumbing, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu tempat wisata sejarah.

Di sinilah pernah diasingkan sejumlah tokoh pendiri bangsa, di antaranya sang proklamator Bung Karno dan Bung Hatta.

Pesanggrahan Menumbing sekilas mirip bangunan benteng. Terdiri dari dari dua bangunan utama berbentuk kotak persegi, setinggi dua lantai yang menghadap langsung ke arah Mentok, ibu kota Bangka Barat.

Karena berada di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut (mdpl), maka udara di sana terasa lebih sejuk. Perbukitan Menumbing juga masih terjaga keasriannya.

Aktivitas di Pesanggrahan Menumbing

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pesanggrahan Menumbing tentu merasa penasaran, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di sana. Berikut lima rekomendasi kegiatan yang bisa kamu lakukan.

1. Penelitian sejarah

Sebagai salah satu situs warisan sejarah, tentu saja Pesanggrahan Menumbing menjadi lokasi yang pas untuk dikunjungi para peneliti sejarah.

Konon lokasi pesanggrahan ditemukan secara tidak sengaja oleh peneliti biologi dari Belanda. Kemudian perusahaan timah Belanda membangun lokasi tersebut menjadi sebuah bangunan pesanggrahan.

Tentu saja bangunan tersebut dibuat dengan sentuhan arsitektur khas Eropa, mengombinasikan material lokal semisal batu granit yang banyak terdapat di Bangka/


2. Penelitian flora dan fauna

Kawasan hutan di perbukitan Menumbing masih terjaga keasriannya sehingga cocok dijadikan lokasi penelitian flora dan fauna.

Bahkan hutan Menumbing juga menjadi lokasi untuk melepasliarkan berbagai hewan dilindungi yang disita petugas. Beberapa di antaranya yang pernah dilepasliarkan yakni mentilin, trenggiling, dan elang.

3. Fun bike

Sepeda santai juga bisa dilakukan. Rute menuju pesanggrahan menumbing sudah diaspal, di kelilingi pepohonan lebat. Sehingga cocok untuk kegiatan sepeda santai.

Namun, untuk kegiatan satu ini pengunjung harus menyiapkan kondisi fisiknya karena rute yang lumayan terjal lazimnya menapaki areal perbukitan.

Beberapa kali kegiatan sepeda santai telah dilakukan pemda dalam rangka promosi destinasi pariwisata.


4. Mengamati bintang

Pesanggrahan Menumbing menjadi lokasi yang pas untuk mengamati rasi bintang atau benda langit.

Posisinya yang berada di ketinggian, membuat pemandangannya langsung terbuka ke langit luas. Selain itu bentangan kota dan laut lepas juga menjadi objek yang sayang untuk dilewatkan.

5. Bermain drone

Bagi wisatawan yang hobi bermain drone, pesanggrahan Menumbing bisa menjadi lokasi yang patut dicoba.

Anda bisa mengambil obyek bangunan pesanggrahan yang bagaikan benteng di tengah hutan perbukitan.

Kemudian, ada obyek perbukitan yang seakan sambung menyambung hingga ke pinggir pantai.

Rekaman drone juga bisa dilanjutkan pada lanskap lautan luas dan permukiman daerah Mentok, Bangka Barat yang bisa terlihat dari pesanggrahan Menumbing.

https://travel.kompas.com/read/2024/02/06/190700027/5-kegiatan-di-pesanggrahan-menumbing-bangka-barat-tempat-pengasingan-bung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke