Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imlek 2024 di Taman Safari Bogor, Pengunjung Takut Barongsai Malah Jadi Suka

BOGOR, KOMPAS.com - Taman Safari Bogor menggelar berbagai acara seru dalam memeriahkan perayaan Imlek 2024.

Pantauan Kompas.com, Sabtu (10/2/2024) hiasan dengan nuansa merah dan emas tampak menghiasi pintu masuk.

Pengunjung dari berbagai daerah disambut dengan suguhan pasar kuliner serta pertunjukan traditional chinese dance.

Tarian tradisional spesial imlek ini untuk menarik perhatian dan menghibur para pengunjung. Mereka pun juga bisa mengajak untuk berfoto bersama.

Awalnya takut barongsai, malah jadi suka

Para pengunjung larut dalam keseruan menyaksikan parade budaya khas Negeri Tirai Bambu tersebut. Duduk di deretan depan, seorang pengunjung bernama Nafa (22), terlihat sangat menikmati kemeriahan pertunjukan liong barongsai dan tarian tradisional china.

Ia dan temannya bernama Mutia (23) larut dalam kegembiraan. Padahal sebelumnya, Nafa mengaku bahwa semasa kecilnya sempat takut dengan barongsai. Namun setelah mencari tahu nilai ceritanya, ia pun semakin tertarik dan jatuh cinta. 

"Dulu sih enggak terlalu suka karena takut. Nah, sekarang lebih tertarik sama penampilan seperti ini. Dan tadi penampilannya keren dan semuanya sinkron banget. Kekompakannya keren banget," kata Nafa, pengunjung Taman Safari.

Nafa bersama temannya Mutia memang sedang berwisata ke wilayah Bogor. Ia ingin melihat satwa sekaligus merayakan Tahun Baru Imlek 2575 yang berlangsung pada hari ini Sabtu (10/2/2024) di Taman Safari.

Dia mengatakan, suasana satwa, hiasan lampion dan beragam pertunjukan menjadi pengalaman tersendiri pada liburan panjang tahun ini.

"Terus sama penampilan chinese dance tadi tuh enjoy dan tempat mainnya seru. Sampai akhir tuh bagus banget," ujar Nafa.

Menurut Nafa, parade budaya Tionghoa seperti ini sangat penting untuk terus digelar karena berkaitan dengan budaya dan sejarah. Dari situ, pengunjung tak hanya dihibur tapi bisa juga melihat dan belajar lebih banyak keberagaman. 

"Apalagi kita punya budaya yang luar biasa. Jadi keberagaman di Indonesia sangat bagus dipelajari dan diperdalam," ujarnya.

Perayaan Imlek di Taman Safari Bogor

Sementara itu, General Manager (GM) Taman Safari Bogor Lies Yuwati menjelaskan, rangkaian perayaan Imlek 2024 di Taman Safari Bogor sudah dibuka sejak mulai Kamis 8 sampai 11 Februari 2024. 

"Kami gelar sampai Minggu dan untuk Safari Malam yang spesial Imlek itu kami gelar mulai 8-10 Februari 2024. Kemudian untuk Cap Go Meh nanti dipusatkan di 25 Februari," ungkapnya.

Lies mengatakan, beberapa suguhan menarik dan seru bisa dinikmati di antaranya Parade Budaya Tionghoa, Traditional Chinese Dance, Parade Liong Barongsai, Lamian Atrraction, Theater Lunar of Love, dan Fire Dance Special Imlek 2024.

"Untuk tiket kami kenakan paket promo spesial Imlek 2024. Beberapa promo yang kita siapkan bisa dipesan via online di website resmi Taman Safari Bogor," katanya.

Di tempat yang sama, Public Relation Taman Safari Bogor, Yuska Apitya Aji menyampaikan bahwa puncak perayaan Imlek 2024 ditutup pada Minggu (11/2/2024) besok. 

Taman Safari Bogor juga menyiapkan special event Cap Go Meh yang akan digelar pada 25 Februari 2024.

"Kami menyarankan agar pengunjung memesan tiket masuk jauh-jauh hari secara online untuk menghindari antrean. Dan kami juga menyarankan kepada pengunjung luar Bogor untuk tiba lebih awal," ujar dia.

Adapun jam operasional Taman Safari Bogor adalah mulai pukul 08.00 WIB dan buka loket masuk mulai pukul 08.30 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2024/02/10/180600927/imlek-2024-di-taman-safari-bogor-pengunjung-takut-barongsai-malah-jadi-suka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke