Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Seharian Sekitar Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Ngapain Saja?

KOMPAS.com - Museum Mpu Tantular berlokasi di Jalan Raya Buduran - Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Buka dari pukul 08.00-15.00 WIB.

Dilansir dari laman Kemendikbud, Museum negeri yang satu ini diresmikan pada tahun 1937 dan didirikan oleh kolekter Jerman bernama Von Faber.

Koleksi yang ada di Museum Mpu Tantular kebanyakan adalah peninggalan arkeologi. Jika kamu ingin menghabiskan akhir pekan atau waktu libur di sini. Kompas.com bisa memberikan itinerary seharian sekitar museum yang bisa kamu jadikan rekomendasi.

  • 4 Wisata Pantai di Blitar Jawa Timur, Keindahan Pantai Selatan
  • 7 Pantai di Pacitan Jawa Timur, Ada yang Bisa untuk Berselancar
  • 5 Wisata Pantai di Gresik Jawa Timur, Banyak yang Masih Sepi

Berkunjung ke Museum Mpu Tantular

Para wisatawan lokal atau internasional bisa mempelajar sejarah dan budaya yang ada di sana. Museum ini punya sejumlah koleksi, ada geologika, biologika, arkeologia, hingag naskah kuno.

Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak dibawah usia 12 tahun.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen di tempat yang diperbolehkan di Museum Mpu Tantular.

Singgah makan di Warung Lekoh

Lokasi Warung Lekoh berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 3D, Pucang, Sidoarjo, Jawa Timur. Jaraknya hanya sekitar 2,9 kilometer dari Museum Mpu Tantular.

Ada aneka menu masakan khas Indonesia dari olahan hasil laut, daging sapi, ayam, hingga bebek yang bisa dinikmati di sini.

Seperti menu Udang Penyet, Bebek Sambal Ijo, Lele Sambel Taoge, Cumi Penyet dengan harga mulai dari Rp 20.000-40.000 per porsinya.

Bersantai menjelang sore di Alun-alun Sidoarjo

Jika sudah isi perut, kamu bisa menghabiskan waktu menjelang sore dengan duduk bersantai di Alun-alun Sidoarjo.

Dilansir dari laman Kabupaten Sidoarjo, ada banyak fasilitas penunjang kenyamanan yang bisa dicoba. Seperti outdoor playground, air mancur, hingga layanan free wifi.

Bagi kaum muslim, kamu bisa sholat di Masjid Agung Sidoarjo yang berada di seberang Alun-alun.

Menikmati angkringan

Saat malam hari, kamu bisa berjalan sejauh empat menit menuju ke Angkringan Bolokurowo. Ada banyak menu sate, mi, jasuke, dan aneka camilan lainnya. Selain makanan, jangan lupa untuk menikmati aneka wedangan untuk menghangatkan tubuh di malam hari.

https://travel.kompas.com/read/2024/04/24/111300027/itinerary-seharian-sekitar-museum-mpu-tantular-sidoarjo-ngapain-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke