Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Sarjana Kota Malang Nganggur

Kompas.com - 24/06/2008, 18:26 WIB

MALANG, SELASA - Sekitar 7.500 lowongan kerja ditawarkan dalam Bursa Kerja atau Job Market Fair 2008, 24-26 Juni 2008 di Aula Bela Negara Rampal Kota Malang. Bursa kerja itu diharapkan dapat mengurangi angka penganggguran di Kota Malang yang jumlahnya mencapai 10.300 orang.

"Dari jumlah pengangguran yang ada, sekitar 40 persennya adalah mereka yang berpendidikan sarjana. Selanjutnya berturut-turut SMA (30 persen), SMP (15 persen) dan SD (10 persen)," tutur Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Malang, Wahyu Santoso, Selasa (24/6), di Malang.

Menurut Wahyu, meski mengantongi gelar sarjana, mereka yang masih menganggur tersebut bisa jadi karena tidak memiliki bekal kemampuan tambahan misalnya kemampuan berbahasa asing, keterampilan membuat kerajinan, dan sebagainya.

"Padahal kemampuan tambahan itu biasanya merupakan nilai plus bagi pencari kerja. Untuk itu bagi mereka yang mau menambah bekal kemampuan pribadi, maka kemungkinan untuk segera mendapatkan kerja cukup besar," ujar Wahyu.

Selain pengangguran, saat ini jumlah pencari kerja di Kota Malang juga cukup besar. Hingga Mei 2008, jumlah pencari kerja aktif di Kota Malang sebanyak 30.005 orang.

Guna memberikan kesempatan bagi para pencari kerja dan pengangguran di Kota Malang mendekati dunia kerja, maka Dinas Ketenagakerjaan Kota Malang menggelar Bursa Kerja atau Job Market Fair 2008. Bursa kerja ini digelar 24-26 Juni 2008 di Aula Bela Negara, Rampal, Kota Malang.

Bursa kerja itu diikuti sekitar 50 perusahaan se-Jatim seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Pasuruan, dan sebagainya. Dalam acara ini terdapat 7500 lowongan kerja yang ditawarkan kepada para pencari kerja.

Dari ribuan lowongan kerja tersebut, ada sekitar 625 jenis lapangan kerja yang ditawarkan mulai dari bidang jasa, teknik, dan sebagainya.

"Rata-rata memang lowongan yang ditawarkan adalah level menengah ke bawah. Kalau top level, perusahaan biasanya punya cara penjaringan tersendiri," tutur Wahyu.

Menurut Wahyu, bursa kerja ini merupakan kegiatan rutin tahunan Pemkot Malang guna mengatasi persoalan pengangguran dan pencari kerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com