Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses Membuat American Risoles

Kompas.com - 29/09/2008, 11:42 WIB

Membuat american risoles yang cantik dan tidak pecah, pasti bisa kita lakukan asal tahu tips dan triknya. Mengganti jumlah telur menjadi 1 butir untuk 100 gr tepung tidak salah sama sekali. Adonan akan tetap lentur dan enak asal tetap menggunakan susu, bukannya air. Nah, cukupkan jumlah susu dua kali lipat jumlah tepung. Dengan demikian, adonan kulit american risoles akan pas kekentalannya meski dibuat menggunakan wajan crepes maker sekalipun.

Kejadian pecah risoles saat digoreng bisa terjadi karena:
1. Terlalu lama waktu goreng.
2. Dingin dari kulkas langsung ketemu panas tinggi.

Nah, kegagalan ini bisa diatasi dengan cara berikut:
1. Pastikan isi risoles padat dan rapat.

2. Setelah dipanir, masukkan dalam chiller minimal 1 jam agar tepung panir menempel sempurna.

3. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, goreng risoles hingga kuning kecokelatan, angkat segera.

4. Jika risoles terlihat menggelembung saat digoreng, tusuk perlahan dengan tusuk sate lancip untuk memberi ruang udara keluar. Niscaya risoles akan mengempis lagi.

5. Pada dasarnya risoles sudah layak dimakan tanpa digoreng karena semua bahannya sudah matang dan siap makan. Menggoreng hanya untuk mendapatkan tekstur crispy dan penampilan cantik. Maka segera angkat bila risoles sudah terlihat kuning emas, tak perlu sampai cokelat gelap.

6. Menggoreng risoles dalam jumlah banyak memerlukan trik tersendiri. Sering terjadi rontokan tepung panir mengendap di bawah dan gosong, membuat american risoles ‘kloter’ berikutnya menjadi hitam jelek. Hal ini dapat dihindari dengan menyiapkan dua wajan. Ketika endapan tepung panir terlihat banyak pada penggorengan pertama, segera matikan api.

Tuang minyak ke dalam wajan yang menanti, dan buang endapannya. Penggorengan kedua mulai ‘bertugas’ menggoreng risoles yang sudah antre. Sementara itu, wajan pertama siap kembali setelah dibersihkan dari endapan. Begitu seterusnya bergantian dua wajan ini ‘bertugas’ sampai risoles habis. Niscaya semua risoles tampil kuning cantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com