Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Promosikan Ekoturisme di Estonia

Kompas.com - 18/02/2009, 09:16 WIB

TALLINN, RABU — Indonesia ikut ambil bagian dalam Tourest Travel Trade Fair 2009 yang digelar di Estonian Fair Centre, Tallinn, Estonia. Dalam pameran pariwisata terbesar di kawasan Baltik tersebut, Indonesia mempromosikan potensi  wisata alam atau ekoturisme.

Seperti diungkapkan Siti Azzah Murad Fungsi Sosbudpen KBRI Helsinki, Rabu (18/2), anjungan Indonesia menampilkan obyek pariwisata yang tersebar di seluruh kepulauan Nusantara, terutama Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Pulau Bali masih menjadi tujuan wisata favorit rakyat Estonia," ujar Siti Azzah Murad seperti dikutip Antara. Fakta itu tecermin dengan banyaknya permintaan brosur serta pertanyaan dari para pengunjung mengenai wisata Pulau Dewata tersebut.

Anjungan Indonesia mendapat perhatian khusus saat diresmikan pembukaannya oleh Duta Besar RI untuk Republik Finlandia merangkap Republik Estonia, Harry Purwanto. Menteri Ekonomi dan Komunikasi yang juga mantan Perdana Menteri Estonia Juan Parts dan Menlu Estonia Urmas Paet ikut hadir dalam acara tersebut.

Dalam rangkaian pameran, KBRI Helsinki selain membuka stan promosi juga menampilkan pertunjukan kesenian dan pemutaran film multimedia tentang keanekaragaman budaya dan wisata Indonesia, serta pertunjukan seni bela diri pencak silat.

"Panitia penyelenggara Tourest 2009 secara khusus menyampaikan penghargaan special thanks kepada KBRI yang menampilkan pertunjukan seni budaya di panggung hiburan yang memikat pengunjung," ungkap Siti Azzah.

Pameran pariwisata Tourest Travel Trade Fair yang terbesar di Estonia itu diikuti 343 peserta, 26 di antaranya perwakilan dari negara-negara asing yang dihadiri lebih dari 23.000 pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com