Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Pariwisata Gunung Bromo Rusak Parah

Kompas.com - 07/09/2009, 15:46 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com - Jalan wisata ke Gunung Bromo di ruas Dingklik-Pakis Bincil-Lautan Pasir, sepanjang sekitar 1,5 Km di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, rusak berat.
     
Jalan yang secara topografi kemiringannya antara 30-45 derajat itu aspalnya banyak yang terkelupas, padahal jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan yang menghubungkan antara Puncak Penanjakan dengan kawah Gunung Bromo, ANTARA melaporkan dari Pasuruan, Senin.
     
Jalan antara Dingklik - Pakis - Bincil - Lautan Pasir merupakan jalan Kabupaten Pasuruan. Namun posisinya yang berada di ujung Desa Wonoktri, jalan tersebut lebih banyak digunakan para wisatawan yang datang dari Probolinggo dan Malang.
     
Sebaliknya warga Kabupaten Pasuruan yang mempunyai jalan tersebut relatif lebih sedikit menggunakannnya. Warga Wonokitri menggunakan jalan tersebut hanya pada acara-acara tertentu saja di Gunung Bromo.
     
Sampai saat ini, kegiatan ekonomi warga Suku Tengger di wilayah Kabupaten Pasuruan lebih banyak menggunakan jalan antara Wonokitri - Dingklik - Penanjakan, karena di ruas ini kondisi jalan jauh lebih baik dan sudah diaspal hotmix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com