Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Buka Rute Jakarta-Denpasar

Kompas.com - 02/06/2010, 17:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Citilink, unit bisnis strategis (SBU) PT Garuda Indonesia mulai merealisasikan rencana ekspansi rute barunya. Pada 4 Juni 2010, maskapai tersebut akan membuka rute Jakarta-Denpasar menggunakan Boeing 737-300 yang dihibahkan induk usahanya.

Menurut Direktur Strategi dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Elisa Lumbantoruan, Citilink memilih membuka penerbangan ke Denpasar karena rute tersebut padat penumpang. "Kami targetkan load factor-nya bisa mencapai 80 persen setiap kali penerbangan," kata Elisa, di Jakarta, Rabu (2/6/2010).

Ia memastikan penerbangan Jakarta-Denpasar tidak hanya dibuka untuk mengantisipasi peak season liburan sekolah. Namun, Citilink akan menerbangi rute tersebut secara reguler. "Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan," kata Elisa.

Sebelumnya Asisten Direktur Niaga Garuda Indonesia, Joseph Saul menjelaskan, tahun ini Garuda akan menghibahkan delapan unit Boeing seri klasik untuk digunakan Citilink. Terdiri dari tiga unit 737-400 dan lima unit 737-300.

Citilink akan memanfaatkan tambahan pesawat itu untuk mengembangkan empat rute baru. Selain Jakarta-Denpasar, Citilink juga akan membuka rute Jakarta-Pekanbaru, Jakarta-Padang, dan Jakarta-Balikpapan.

Saat ini, Citilink sudah melayani enam rute domestik. Yaitu Surabaya-Jakarta, Surabaya-Banjarmasin, Surabaya-Balikpapan, Surabaya-Ujungpandang, Surabaya-Batam, dan Jakarta-Medan.

Maskapai yang menargetkan 1,2 juta penumpang pada 2010 ini menggunakan lima pesawat jenis Boeing 737-300 dan 737-400 dimana tiga diantaranya merupakan pesawat sewa dan dua sisanya diberikan Garuda Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com