Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaksel Suguhkan Wisata Alam

Kompas.com - 23/06/2010, 19:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim libur sekolah, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan telah menyiapkan beberapa tempat wisata yang ada di wilayahnya untuk dikunjungi dan nikmati warga yang ingin menghabiskan waktu berliburnya. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kawasan seperti Taman Margasatwa Ragunan (TMR) dan kawasan Setu Babakan menjadi primadona wisata alam yang ada di Jakarta Selatan. Selain itu, wisata kuliner serta shopping center juga akan menjadi andalan Pemkot setempat dalam memanjakan wisatawan.

Kepala Sudin Pariwisata Jakarta Selatan, AZ Harahap, mengungkapkan, pihaknya masih mengandalkan kedua kawasan wisata tersebut untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Diperkirakan, dalam setiap akhir pekan, TMR bisa dikunjungi oleh 30 ribu pengunjung. Sedangkan untuk kawasan wisata Setu Babakan, dirinya mengutarakan akan hadir berbagai macam atraksi kebudayaan Betawi yang akan menemani para pengunjung sekaligus menikmati hijaunya kawasan perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

"Saat ada atraksi, pengunjung bisa mencapai 3.000 orang di Setubabakan. Untuk itu, agar pengunjung bisa lebih banyak lagi, akan diadakan atraksi wisata dan sekaligus bisa melestarikan budaya Betawi itu sendiri," ujar AZ Harahap, Rabu (23/6/2010).

Menurut Harahap, pihaknya akan melakukan pengembangan budaya terhadap kesenian yang ditampilkan di Setu Babakan. Supaya dapat meningkatkan daya tarik objek wisata alam bernuansa Betawi tersebut. "Perlu percepatan pembenahan di lokasi tersebut agar bisa menarik pengunjung lebih banyak lagi," katanya.

Harahap pun mengimbau kepada seluruh stakeholder, baik pihak kecamatan dan kelurahan setempat beserta warga untuk meningkatkan kebersihan di Setu Babakan. Pelestarian lingkungan tidak dapat dilakukan sendiri, perlu dukungan berbagai pihak. "Jika semua berkomitmen untuk menjaga kebersihan, maka lokasi tersebut akan terlihat lebih asri. Dengan begitu pengunjung yang datang pun akan lebih puas tentunya," kata Harahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com