Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Orang Bersihkan Pantai di Aceh

Kompas.com - 17/10/2010, 12:45 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Ratusan sukarelawan dari berbagai organisasi kemasyarakatan, seperti organisasi lingkungan hidup, palang merah hingga relawan organisasi radio dan masyarakat, Minggu (17/10/2010), melakukan aksi bersih pantai di sekitar Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Aksi ini didorong semakin kotornya lokasi pantai wisata oleh sampah yang dibuang oleh para pengunjung.

Empat lokasi pantai yang menjadi sasaran aksi bersih kali ini adalah Pantai Lhoknga, Pantai Lampuuk, Pantai Ujong Pancu dan Pantai Ujong Batee. Semuanya masuk dalam administrasi Pemerintahan Kabupaten Aceh Besar.

M Arifsyah Nasution, salah satu penggagas acara ini mengatakan, sekitar 380-an sukarelawan ikut serta dalam acara ini. mereka akan membersihkan sampah, terutama sampah anorganik, di sekitar lokasi kegiatan.

Di Pantai Lhoknya, ada enam kelompok yang ikut serta aksi tersebut. Masing- masing dibekali kantung plastik untuk mengangkut sampah-sampah yang ada.

Dibandingkan dengan lokasi lainnya, Pantai Lhoknga, yang menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar, merupakan pantai terkotor. Tidak ada tempat sampah yang disediakan oleh pihak pengelola pantai, dalam hal ini dinas pariwisata setempat. Disamping itu, ternak sapi milik warga dibiarkan berkeliaran sehingga kotorannya berserak di sekitar warung-warung makan yang ada di pantai tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com