Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Pantai Bersih, Wisatawan Senang

Kompas.com - 25/03/2011, 20:48 WIB

BANTUL, KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut hari bumi April mendatang, sekitar 200 orang pekerja dan pengusaha hotel di DIY menggelar aksi bersih pantai di Parangrtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (25/3/2011). Aksi ini dilakukan bertujuan untuk mengajak warga sekitar agar ikut peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar pantai, sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung.

Koordinator aksi Muhammad Munir mengatakan, dengan meningkatnya jumlah pengunjung di pantai Parangtritis maka secara tidak langsung akan menambah tingkat hunian hotel-hotel di Yogyakarta.

Selain itu, lanjut Muhammad Munir, dengan kondisi pantai yang bersih maka pihaknya tidak akan segan-segan menawarkan pantai Parangtritis dalam program kunjungan bagi tamu yang menginap di hotel mereka. "Kita kan jual destination, Parangtritis satu-satunya tempat yang cukup indah dan cukup banyak orang datang ke sini. Kalau di sini kotor pasti orang kan agak malas mau dating ke sini," ungkap GM salah satu hotel di Yogyakarta.

Aksi bersih-bersih ini dilakukan mulai pukul 07.00 hingga 11.00, dari pantai Parangkusumo hingga Parangtritis yang berjarak sekitar 10 kilometer. Dalam aksi ini para peserta mengumpulkan sampah di pantai dan membawanya dengan kendaraan ke tempat penampungan sampah sementara.

Selain aksi bersih-bersih juga dilakukan pemasangan sebanyak 20 buah tong sampah di sepanjang jalan yang menghubungkan pantai Parangkusumo dan Parangtritis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com