Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam Goreng Bapak Mardun

Kompas.com - 05/04/2011, 08:29 WIB

KOMPAS.com - Tentang Ayam goreng H. Mardun Martinah ini saya pernah mendengar tentang kelezatannya dari om saya yang tinggal di daerah Mangga Besar, makanya Sabtu kemarin kami sengaja pergi ke daerah Mangga Besar untuk mencoba Ayam Goreng H. Mardun Martinah ini. Tempatnya memang tidak berplang besar, jadi mesti agak awas untuk mencarinya. Persisnya di Jalan Mangga Besar Raya no: 90 A, tidak jauh dari tikungan putar baliknya.

Rumah makannya sih tidak terlalu besar tapi cukup ramai lho didalamnya, meja kursi kayu panjang memenuhi seluruh ruangannya. Sederhana tapi cukup bersih. Menu yang ditawarkan juga tidak banyak hanya ada ayam goreng yang dijual per ekor maupun potongan, ada juga nasi rames, acar timun dan bawang, sayur asem, sayur lodeh dan tahu goreng. Tapi dalam benak saya ini pasti enak, karena masih bisa bertahan dari sejak tahun 1961.

Kami pun memesan dua potong Ayam Dada plus tahu goreng, dan tanpa kami meminta pelayannya sudah menyajikan sepiring kecil acar bawang merah, acar timur dan sambal kacang. Acar Timunnya berpotongan agak besar dan terlihat menggiurkan euy. Saya pun nyemil acar timunnya sembari menunggi si ayam goreng. Enak lho acar timunnya, asamnya pas dan terasa segar.

Tidak lama kemudian si ayam pun datang, dari penampilannya sih seperti ayam pop padang, tidak digoreng sampai berwarna cokelat kekuningan tapi berwarna pucat. Wahh asyik nih kayanya. Saya cuil sedikit dan saya cicipi tanpa sambalnya, dan ... Yummy, rasanya gurih dan enak. Rasa gurihnya masih tetap ada sampai kedalam-dalamnya. Berarti bumbunya benar-benar meresap sampai ke dalam.

Kemudian saya campurkan sambal terasi dan sambal kacang tadi ke nasi putih dan saya santap dengan ayamnya, duh duh... tambah enak rasanya he-he... Sambalnya sendiri juga agak khas rasanya, ada sedikit bau asam, tidak manis dan sedikit terasa asin. Tapi cocok sekali untuk dicocol dengan ayamnya tadi. Top deh ayam dan sambalnya.

Rasanya memang beda dari ayam goreng yang biasanya, tapi justru disitulah terletak ke-khasan rasa Ayam Goreng H. Mardun Martinah ini. Meskipun berwarna pucat tapi rasanya enak lho. Saya sih suka dengan ayam gorengnya, berbeda dengan yang lain. Mau mencoba ayam goreng yang berbeda dengan biasanya? Coba saja datang kesini. Nah, Ayam Goreng H. Mardun Martinah buka dari jam 09.30 pagi sampai sekitar jam 8 malam saja, jadi jangan sampai kemalaman ya datang kesini. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com