Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuo Tie Santung Gardujati, Enak!!

Kompas.com - 06/05/2011, 10:03 WIB

KOMPAS.com — Kuo tie adalah salah satu makanan favorit saya dari dulu. Bisa kalap kalau menyantap makanan satu ini he-he.... Dulu sekali pas zaman kuliah di Bandung, saya pernah makan kuo tie yang lezat, tapi saya lupa namanya. Saya hanya ingat lokasinya berada di Jalan Gardujati, Bandung. Dan kebetulan malam Minggu lalu saya melewati jalan tersebut dan menemukan kuo tie yang saya maksud. Ternyata namanya adalah Kuo Tie Santung. Lokasinya persis berada di depan bubur Duti yang juga terkenal seantero Bandung.

Ibu Idah yang berjualan kuo tie Santung ini sudah berjualan sejak 25 tahun lalu. Ia hanya buka dari sore pukul 16.00 sampai sekitar pukul 23.00. Jadi malam itu saya makan bubur Duti sekaligus dengan kuo tie Santung he-he.... Ngemil malam yang mantap.

Kue tie adalah makanan khas tradisional China. Di Jepang juga ada makanan sejenis kuo tie, tapi namanya gyoza. Kulit tipisnya terbuat dari terigu dan isinya terbuat dari daging cincang, udang, bawang putih, kucai, dan bumbu-bumbu lainnya, seperti garam, merica, maizena, dan lain-lain. Kemudian digoreng dulu sebelum disajikan. Enaknya memang disantap dalam keadaan hangat. O iya jangan lupa saus sambalnya.

Nah, kuo tie Santung Gardujati ini enak banget lho. Kulitnya terasa lebih renyah, tidak terlalu lembek seperti kuo tie pada umumnya, dan isinya sangat lezat. Enak pisan euy. Enaknya masih sama ketika dulu saya menyantapnya.

Anda harus mencobanya sendiri, karena ini benar-benar enak. Menurut saya, ini adalah salah satu kuo tie terenak yang pernah saya coba. Bumbu sausnya pun terasa beda dengan yang lain, lebih tasty. Murah pula, satu porsi berisi 10 hanya dibanderol Rp 22.000. Kalau ke Bandung lagi, saya mau makan kuo tie Santung lagi ahh. Enak pisan euyy. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com