Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Gratis Sambil Belajar Soal Teh

Kompas.com - 13/06/2011, 08:17 WIB

KOMPAS.com - Teh China, merupakan teh dengan segudang manfaat, rasa sekaligus filosofi dan kebudayaan. Maka tak heran, jika seseorang sekali mengenal rasa yang sesungguhnya dari teh ini, maka ia akan langsung jatuh cinta dengan manfaat dan juga filosofi plus kebudayaan yang mengikut dibelakangnya. Dan senangnya, di Jakarta kini hadir sebuah toko yang menjual aneka pernak pernik sekaligus macam-macam daun tehnya. Saya menyebutnya, one stop – chinese tea – shopping.

Seperti apa sih Cawan?

Cawan Tea House di Mal Mangga Dua Square, Jakarta Utara ini memang baru buka 6 bulan silam. Namun jauh di tahun tahun sebelumnya, sang pemilik, Johanna dan partner, telah menjadi pemasok teh china ke beberapa restoran china terkemuka di Indonesia. Hobi yang tak bisa dipungkiri, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat show room. Visi misinya cukup sederhana, supaya orang lebih mengenal tentang chinese tea yang sesungguhnya.

Pasalnya, teh teh china di restoran biasanya tidak diseduh dengan cara yang detail dan benar. Sehingga rasa teh yang seharusnya sangat lezat cuma jadi sekedar pelepas dahaga saja. Tentu tak bisa disalahkan, karena restoran tentu tak memiliki waktu untuk melakukan penyeduhan yang sangat membutuhkan keahlian.

Bagaimana jika tiap meja memesan teh china? Menurut Johanna, pemilik Cawan tea House, hal tersebut memang wajar, "Kan nggak mungkin tiap meja diberi satu pelayan yang hanya khusus untuk menyeduh teh. Selain biaya yang pasti mahal untuk gaji karyawan, juga akan tidak nyaman bagi pelanggan".

Terkait visi misi yang diemban, Cawan pun menjual tak hanya daun teh saja. Melainkan juga aneka macam pernak pernik untuk menikmati teh china yang sesungguhnya. Mulai dari teko beraneka macam jenis, keramik dan tanah liat juga kaca, sampai dengan perlengkapan set chinese tea dan set meja perjamuan minum teh yang nyaman. Semua barang didatangkan langsung dari china, kecuali meja meja kayu yang merupakan asli produksi perajin Jawa Timur.

Gratis Minum sepuasnya

Inilah keunikan dan keistimewaan cawan tea house dibanding tempat jual teh china lainnya, ia menyiapkan area yang cukup luas untuk para pelanggannya. Semua orang dibiarkan bebas datang dan mencicip teh sekaligus belajar teknik menyeduh teh yang benar, secara gratis! "Banyak loh yang datang kesini cuma untuk minum dan kemudian pergi tanpa membeli apa-apa. bahkan ada yang datang tiap hari ketika toko buka di pagi hari dan selalu pulang begitu saja tanpa melihat lihat ada teh apa saja disini. he-he-he..., tapi nggak papa, kami senang, berarti ada apresiasi," ungkap Johanna yang sangat sabar ini.

Selain one stop chinese tea shopping, tempat ini juga sangat nyaman untuk digunakan kongkow bersama teman atau kolega. Jika anda masih belum tahu bagaimana cara menyeduh teh yang benar, pelayan disini akan membantu Anda.

Dan kira kira seperti inilah caranya: mula-mula, ambil teh dengan sendok khusus teh. Kira kira banyaknya, 1/3 dari besar teko. Cuci daun teh dengan cara tuangkan air ke dalam teko yang sudah terisi daun teh dengan suhu yang telah ditentukan dan langsung buang airnya (90 derajat celcius untuk jenis teh merah, hitam dan oolong. Sementara untuk teh hijau dan teh bunga cukup 70 derajat celcius saja).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com