Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Lancar, Ganti Ban dan Kampas Rem...

Kompas.com - 19/07/2011, 11:11 WIB

SEMARANG-KOMPAS.com - Salah satu anggota Tim Gowes Pantau Jalur Mudik 2011, Hery Prasetyo menganti ban belakang sepedanya dan kampas rem demi kelancaran menempuh perjalan menuju kota Solo, Jawa Tengah. Pada perjalanan tersebut nantinya Tim akan menempuh jalur Gombel yang memilik tingkat kesulitan lebih dibanding jalur Alas Roban.

"Karena kempes ban belakang harus diganti, dan kampas rem juga sepertinya harus diganti supaya lancar nanti di jalur Gombel," ujar Hery yang sedang memperbaiki sepedanya di halaman Hotel Semesta, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/7/2011).

Hery yang juga salah satu wartawan Kompas.com dalam mengotak-atik sepedanya dibantu Devino, pembalap profesional yang ikut dalam tim Gowes Jurnalistik. Devino terlihat lebih mahir karena sudah 20 tahun berkecimpung dengan sepeda.

Setelah semuanya rampung, Hery mencoba ban dan kampas rem yang baru dengan mengelilingi halaman Hotel Semesta, Semarang. Heri merasa yakin kalau sepedanya sudah siap menempuh jalur dengan rute Semarang-Solo sepanjang 96 km.

Sebelumnya, ternyata tidak hanya jalur Alas Roban yang ditakuti tim Gowes Jurnalistik: Pantau Mudik Jakarta-Surabaya 2011 ketika mengarungi jalur pantai utara Jawa. Ada satu jalur lagi yang membuat gentar para pegowes, tanjakan Gombel di dalam rute Semarang menuju Kota Solo, Jawa Tengah.

Rute Gombel memang terkenal sebagai medan berat bagi para pesepeda. Pasalnya, tanjakan Gombel yang berada di Jalan Setiabudi, Semarang itu sangat curam dan lebih kurang panjangnya mencapai 2 km. Setelah itu, pegowes pun harus melalui jalur rolling yaitu jalan berliku yang naik-turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com