Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Wisman Jepang ke Bali Merosot

Kompas.com - 09/10/2011, 15:09 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Wisatawan asing (wisman) asal Jepang yang berwisata ke Bali merosot 27,23 persen. Namun, Jepang mampu menempati urutan kedua setelah Australia dari sepuluh negara terbanyak yang memasok pelancong ke Pulau Dewata.

"Berkurangnya masyarakat Negeri Sakura menikmati keunikan seni budaya serta panorama alam Pulau Dewata erat kaitan dengan kondisi ekonomi negara tersebut pascatsunami yang melanda negara itu beberapa bulan lalu," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali I Gede Suarsa di Denpasar, Minggu (9/10/2011).

Ia menjelaskan jumlah kunjungan wisman asal Jepang selama delapan bulan periode Januari-Agustus 2010 sebesar 168.806 orang. Sedangkan di tahun 2011 pada periode yang sama terdapat kunjungan sebesar 122.838.

Selama 2010 masyarakat Jepang yang berlibur ke Bali sebanyak 245.040 orang, juga menurun 26,61 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 333.905 orang. Sehingga, terjadi penurunan selama dua tahun terakhir.

Hampir seluruh wisatawan Jepang masuk ke Bali lewat Bandara Ngurah Rai, dengan menumpang pesawat udara yang terbang bangsung dari negaranya. Hanya tercatat 368 orang yang datang lewat pelabuhan laut, dengan menumpang kapal pesiar.

Gede Suarsa menjelaskan, meskipun Jepang menempati urutan kedua, namun Jepang mampu memberikan kontribusi sebesar 6,66 persen dari total wisman yang berkunjung ke Bali sebanyak 1,84 juta orang selama delapan bulan pertama 2011.

Kondisi itu meningkat sebesar 9,97 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya menerima kujungan wisman sebanyak 1,67 juta orang.

Gede Suarsa menambahkan, dari sepuluh negara terbanyak memasok wisman ke Bali, tujuh negara di antaranya mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan hanya tiga negara menunjukkan adanya penurunan.

Ketujuh negara yang masyarakatnya semakin bergairah berliburan ke Bali meliputi Australia, China, Malaysia, Taiwan, Perancis, Inggris, dan Singapura. Tiga negara yang jumlah wisatawannya ke Bali berkurang selain Jepang adalah Korea Selatan dan Jerman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com