Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tur ke Krakatau Tetap Diadakan

Kompas.com - 13/10/2011, 12:37 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung memastikan kegiatan tur ke Gunung Anak Krakatau pada Minggu (16/10/2011) mendatang tetap berlangsung, meskipun aktivitas vulkanik gunung bawah laut ini masih tinggi. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Lampung Gatot Hadi Utomo di ssela pembukaan Festival Krakatau Rabu (12/10/2011) malam.

"Itu (tur ke Krakatau) akan tetap ada. Tetapi, di sepanjang perjalanan nanti, kami akan tetap berkoordinasi dengan pihak BKSDA (Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam) untuk keamanannya," tuturnya.

Menurut rencana, kegiatan tur Krakatau menggunakan kapal roro KMP Windu Karsa Pratama ini akan diikuti sejumlah tamu asing dan duta besar negara sahabat. Kegiatan tur ke GAK ini selalu menjadi agenda puncak dari perhelatan Festival Krakatau.

Sebelumnya, muncul kekhawatiran agenda ini batal akibat meningkatnya aktivitas GAK. Direktur Jendral Promosi Pariwisata Sapta Nirwandar mengatakan, kegiatan mengunjungi GAK telah mendapatkan izin selama itu dilakukan dalam jarak aman tertentu.

Artinya, tidak terlalu dekat dengan GAK. "Tadi, saya lewat di atasnya (naik pesawat) juga tidak ada apa-apa kok. Tidak sampai membahayakan penerbangan. Jadi, tidak ada masalah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com