Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Tidur dengan Nyenyak Saat Berwisata

Kompas.com - 09/11/2011, 14:49 WIB
Valentine Widi Virdhani

Penulis

KOMPAS.com – Berwisata memang menyenangkan sampai terkadang Anda lupa mengistirahatkan tubuh Anda dan memilih untuk tetap terjaga berjam-jam. Jika hal tersebut terjadi Anda akan merasa sangat kelelahan dan tidak fokus terhadap apa yang Anda lihat dan rasakan.

Bagaimanapun juga, tidur dengan nyenyak sangat penting Anda lakukan saat berwisata. Untuk itu, berikut tips agar Anda dapat dilakukan agar Anda dapat mengistirahatkan tubuh Anda selama perjalanan wisata.

Kenakanlah pakaian yang nyaman. Jenis pakaian yang Anda kenakan sangat mempengaruhi gerak tubuh Anda ketika tidur. Tentu saja pakaian yang nyaman akan membuat Anda mudah berpindah posisi saat tidur.

Kenakanlah pakaian yang sedikit longgar dan bahan yang menyerap keringat seperti katun. Jangan memakai pakaian tebal atau ketat saat tidur. Hal yang terpenting adalah biarkan tubuh Anda dapat bernapas. Jika Anda kedinginan, maka kenakan pakaian hangat dan tertutup.

Musik dan buku. Banyak orang memiliki kebiasaan membaca buku atau mendengarkan musik sebelum mereka pergi tidur. Ini merupakan ide yang cukup baik untuk Anda lakukan saat berwisata.

Jika Anda membaca buku dengan cerita-cerita ringan dapat membantu untuk merilekskan pikiran Anda. Sama halnya dengan musik-musik tertentu yang memiliki efek menenangkan pikiran dan tubuh Anda sehingga Anda dapat beristirahat sejenak.

Meditasi dan tarik napas dalam-dalam. Meditasi mungkin adalah cara yang baik untuk menenangkan pikiran Anda. Banyak orang ingin bermeditasi sebelum mereka pergi tidur, itu membantu mereka merasa terlahir kembali sehingga dapat tidur dengan nyenyak.

Meditasi juga menghilangkan perasaan khawatir dan hal-hal negatif lainnya. Bila Anda tak terbiasa meditasi, Anda dapat melakukan sejenak menarik napas dalam-dalam, merasakan udara segar sekitar dan keluarkan udar perlahan lewat mulut.

Saat itu Anda telah memblokir semua pikiran, dan hanya berkonsentrasi pada pernapasan Anda serta mengamati pola pernapasan Anda. Kemudian dengarkan udara masuk dan keluar pada tubuh Anda.

Makanlah makanan bergizi dengan porsi tak terlalu banyak. Makan dengan porsi lebih sedikit dibandingkan sehari-hari Anda saat melakukan perjalanan wisata sangat dianjurkan. Ini sangat membantu Anda menghindari mabuk perjalanan dan membantu Anda tidur lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com