Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Ikut Festival Kereta Api

Kompas.com - 17/11/2011, 19:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menggelar Festival Kereta Api pada Minggu (20/11/2011) mendatang.

Festival tersebut digelar untuk mempromosikan Wisata Kota Jakarta. Rencananya, festival  dimulai dari Stasiun KA Gambir menuju Tanjung Priok menggunakan kereta api yang  membawa delapan rangkaian gerbong.

"Festival bertujuan untuk mempromosikan salah satu titik dari 12 titik jalur destinasi wisata pesisir yang sudah dicanangkan Walikota Jakarta Utara, yaitu Bangunan Cagar Budaya Stasiun KA Tanjung Priok," kata Kepala Disparbud DKI Jakarta Arie Budhiman di Jakarta, Kamis (17/11/2011).

Ia mengatakan, pelaksanaan Festival Kereta Api ini akan diselenggarakan di Stasiun KA Tanjung Priok. Namun, para tamu undangan akan menikmati perjalanan  wisata Kota Jakarta menggunakan KA dari Stasiun KA Gambir hingga Stasiun KA Tanjung Priok.

Hal itu merupakan simulasi wisata Kota Jakarta dengan Kereta Api yang nantinya dapat dinikmati oleh warga.

"Delapan rangkaian gerbong yang akan diisi komunitas Tour Leader Cendrawasih, tim sepeda, sekolah Yayasan Tuna Jakasampurna, Komunitas Jelajah Budaya, Mahasiswa Fakultas Seni Rupa IKJ, ASITA, Pramuka Museum Bahari, Komunitas Edan Sepur dan masyarakat umum lainnya. Ada sekitar 550 orang yang akan ikut pada Minggu besok,"  ujarnya.

Rute yang akan dilalui, lanjut Arie, dari Stasiun KA Gambir menuju Stasiun KA Gondangdia, Cikini, Manggarai, Jatinegara, Pondokjati, Kramat, Gang Sentiong, Pasar Senen, Kemayoran, Rajawali, Ancol dan berakhir di Tanjungpriok.

Festival Kereta Api 2011 ini, papar Arie, akan dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan di antaranya pagelaran seni budaya, lomba melukis yang diikuti 40 anak dari rumah pintar, pameran KA dan produk kreatif diikuti oleh 30 stan pameran.

Dalam pagelaran seni budaya tersebut akan menampilkan gambang kromong, lenong betawi, tari Kembang Moncer, tari Renggong, Silat Betawi, Tanjidor, Krontjong Toegoe, Marawis dan Ondel-ondel.

"Kami berharap dengan digelar festival akan berdampak semakin banyak orang sadar bahwa di kota Jakarta ada wisata kota yang menarik menggunakan kereta api. Perjalanan wisata akan berakhir di Bangunan Cagar Budaya Stasiun KA Tanjungpriok yang memiliki banyak hal yang menarik dan bersejarah," jelasnya.

Sehingga, ungkapnya, akan banyak lagi tujuan wisata yang dapat dikunjungi warga Jakarta, turis domestik dan mancanegara. Hal ini mengakibatkan peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke DKI Jakarta.

"Kita akan terus mencari inovasi kegiatan wisata lainnya seperti Festival Kereta Api 2011. Inovasi kegiatan wisata diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegera agar dapat meningkatkan devisa kota Jakarta," tuturnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com