Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Kereta Api Promosikan Wisata Pesisir

Kompas.com - 18/11/2011, 23:38 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia menggelar Festival Kereta Api 2011 pada Minggu (20/11/2011). Festival ini diselenggarakan sebagai salah satu sarana promosi wisata kota dengan kereta api kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, selain sebagai alat promosi wisata kota dengan kereta api, acara ini juga digelar untuk memperkenalkan salah satu titik dari 12 titik jalur destinasi wisata pesisir yang sudah dicanangkan Wali Kota Jakarta Utara, yakni bangunan cagar budaya Stasiun KA Tanjung Priok.

Festival ini dimulai dengan perjalanan kereta api dari Stasiun KA Gambir menuju Stasiun KA Tanjung Priok. Para tamu undangan pun dapat menikmati simulasi perjalanan wisata kota Jakarta menggunakan kereta api yang nantinya dapat dirasakan juga oleh masyarakat.

"Acaranya di Tanjung Priok, tetapi nanti berangkat dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Tanjung Priok dengan delapan rangkaian gerbong," kata Arie, Jumat (18/11/2011) di Jakarta.

Tiap-tiap gerbong akan diisi oleh komunitas Tour Leader Cendrawasih, tim sepeda, sekolah Yayasan Tuna Jakasampurna, Komunitas Jelajah Budaya, Mahasiswa Fakultas Seni Rupa IKJ, ASITA, Pramuka Museum Bahari, Komunitas Edan Sepur, dan masyarakat umum lainnya. Lebih kurang 550 orang akan diikutsertakan pada kegiatan tersebut.

Arie menambahkan bahwa rangkaian kereta akan melewati rute dari Stasiun KA Gambir menuju Stasiun KA Gondangdia, Cikini, Manggarai, Jatinegara, Pondokjati, Kramat, Gang Sentiong, Pasar Senen, Kemayoran, Rajawali, Ancol, dan berakhir di Tanjung Priok.

"Kami ingin dengan festival ini, semakin banyak orang sadar bahwa di kota Jakarta ada wisata kota dengan KA. Ini merupakan wisata yang menarik," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com