Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk ke Flores, Ada Festival Kelimutu

Kompas.com - 12/12/2011, 15:10 WIB
EditorI Made Asdhiana

KUPANG, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur akan menggelar Festival Kelimutu pada tahun 2012, sekaligus menjadikan momentum itu untuk memperkenalkan Sail Komodo 2013.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT HA Haris di Kupang, Minggu (11/12/2011), mengatakan, kegiatan Festival Kelimutu ini rencananya akan digelar bersamaan dengan Festival Budaya Flores dan Lembata (Florata) di Ende, Flores bagian tengah, Agustus 2012.

"Sampai saat ini, kami sedang berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar bisa membiayai kegiatan Festival Kelimutu yang akan dilakukan pada Agustus 2012 karena kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan Sail Komodo 2013," katanya.

Haris mengatakan, festival ini akan diikuti para peserta dari sembilan kabupaten, yakni Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende sebagai tuan rumah, Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam bentuk festival kebudayaan dan pariwisata, termasuk pentas tari dan kesenian daerah serta penjualan berbagai produk unggulan nasional dan lokal bidang perdagangan dan jasa dari masing-masing daerah.

"Momentum itu juga akan digunakan untuk mempromosikan produk investasi di Indonesia umumnya dan Nusa Tenggara Timur pada khususnya serta promosi berbagai paket wisata dari masing-masing destinasi pariwisata Indonesia," ujar Haris.

Menurut dia, saat ini NTT merupakan magnet yang mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi Indonesia dan secara khusus ke daerah tujuan wisata Nusa Tenggara Timur pasca-penetapan komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Dalam kaitan itu pula, pemerintah daerah berupaya meningkatkan kegiatan-kegiatan kepariwisataan untuk menarik perhatian wisatawan sebanyak-banyaknya ke NTT. "Kami gelar kegiatan di Ende, misalnya, karena di Ende ada Danau Tiga Warna Kelimutu. Kami juga ingin mengajak wisatawan sebanyak-banyaknya datang ke Kelimutu," katanya.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT sudah menggelar festival budaya di Labuan Bajo, Manggarai Barat, atau daerah yang menjadi pusat hidupnya binatang langka komodo. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+