Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kremes Renyah Ala Klaten

Kompas.com - 24/01/2012, 10:55 WIB

SAJIAN ayam atau bebek goreng kremes ala Klaten memang bertebaran di mana-mana. Tapi, kremes olahan warung ayam dan bebek goreng kremes Sampe'an mengklaim memiliki resep yang berbeda. hasil adonannya renyah, gurih, dan tidak menggumpal. Lumer di lidah.

Menjelang tengah malam, hawa kian dingin. Sisa-sisa kremes yang terbuat dari tepung kanji dicampur bumbu rebusan ayam dan bebek malah semakin nikmat disantap. Lidah pun tak berhenti bergoyang. Kremes yang renyah di mulut tanpa perlu banyak dikunyah.

Tumpukan kremes yang hampir menutupi ayam dan bebek goreng memang jadi daya tarik dan penambah nafsu makan bagi penikmatnya. Rasa gurih kremes dari berbagai campuran bumbu, seperti jahe, kemiri, bawang putih, dan sedikit kunyit. Kremes ini diakui Imam Rudi dan Joko— pengelola warung bebek dan ayam goreng kremes Sampe'an— asli kremes Klaten, Jawa Tengah. Kremes klaten yang tidak lengket dan renyahnya tahan lebih lama.

"Syaratnya saat menggoreng kremes waktunya jangan bersamaan dengan menggoreng ayam atau bebeknya. Kalau tidak ya jadi lengket, terus warnanya juga jelek, cokelat tua atau malah gosong. Itu yang buat kami bisa mengklaim kremes ini gurih, renyah lebih lama, dan tidak lengket," ucap Joko kepada Warta Kota, belum lama ini.

Sejak lama, Imam dan Joko memikirkan supaya kremes buatannya itu menjadi penghias utama bebek dan ayam goreng. Kremesnya harus tetap renyah dalam tempo relatif lama dan tidak menggumpal. Meski kremes hanya sebagai camilan seusai menyantap ayam atau bebek, keduanya berharap, kremes itu disukai pelanggannya.

"Akhirnya formulasi yang kami lakukan dan sudah kami coba berulang-ulang. Yang utama adalah saat menggoreng. Karena kremes itu berbahan tepung kanji yang sudah bercampur dengan bumbu bekas rebusan atau ungkepan ayam serta bebek, kami sangat berhati-hati ketika menggorengnya," tutur Imam.

Adonan kremes digoreng dalam minyak panas di wajan besar. Minyak goreng yang dipakai itu minyak bekas menggoreng ayam atau bebek.

Tidak sampai tiga menit, tepung kanji bercampur bumbu itu segera membentuk gumpalan mirip karang berlubang-lubang. Ketika warnanya menguning segera saja Joko mengangkat dan meniriskanya selama beberapa saat agar sisa-sisa minyaknya turun.

"Kalau sampai kelamaan atau pas meniriskan kurang maksimal, jangan salahkan kalau jadi alot atau enggak garis kremes-kremes lagi. Karena, faktornya penirisan usai menggoreng juga penting lho. Lagi pula ditiriskan itu supaya aroma minyak gorengnya hilang," kata Joko.

Tanpa telur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com