Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Pelabuhan Padang Bai Bali Buka-Tutup

Kompas.com - 25/01/2012, 20:09 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com - Memburuknya kondisi cuaca yang ditandai dengan angin kencang serta gelombang tinggi di perairan selat Lombok sejak Selasa (24/1/12), mengakibatkan terganggunya aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Padang Bai, Karangasem, Bali. Melihat situasi ini, pihak Administrator Pelabuhan berkoordinasi dengan ASDP, dan Kepolisian Pelabuhan Padang Bai akhirnya memutuskan untuk memberlakukan sistem buka-tutup penyeberangan demi keselamatan penumpang kapal.

Aktivitas penyeberangan pada Rabu (25/01/2012) pagi tadi sempat berjalan normal, namun sekitar pukul 13.30 WITA, pihak pengelola pelabuhan kembali menutup jalur penyeberangan dari Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. "Pertimbangan keselamatan, aktivitas pelayaran menuju Lembar, terpaksa kami tutup sementara, mengingat ketinggian gelombang di tengah perairan cukup tinggi dan membahayakan," ujar I Ketut Mulyana, Kasi Penjagaan dan Keselamatan Adpel Padang Bai, Rabu, siang tadi.

Dari komunikasi radio antara pengelola pelabuhan dengan para nahkoda kapal diketahui tinggi gelombang mencapai 4 meter dengan kecepatan angin hingga 35 kilometer per jam. Jika kondisi gelombang sudah tidak membahayakan, Pelabuhan Padang Bai akan dibuka kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com