Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Budaya Erau Digelar Juli

Kompas.com - 27/02/2012, 17:15 WIB

TENGGARONG, KOMPAS.com--Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara HAPM Haryanto Bachroel mengatakan, pesta adat, seni dan budaya Erau yang merupakan agenda pariwisata tahunan di kabupaten itu akan digelar 1-8 Juli 2012.

"Dalam beberapa tahu terakhir, Pesata Budaya Erau digelar pada bulan Juli karena bertepatan dengan waktu liburan. Saya berharap, Erau pada tahun 2012 dikemas dengan baik dan menarik sehingga bisa menambah kunjungan wisata ke Kukar (Kutai Kartanegara)," ujarnya di Tenggarong, Kukar, Senin.

Keputusan tentang waktu berlangsungnya Erau itu diputuskan dalam rapat koordinasi persiapan Erau beberapa waktu lalu. Rapat tersebut diikuti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di antaranya Disbudpar, Disperindagkop, BPMPD dan lainnya, serta stakeholder terkait di antaranya dari manajemen Pulau Parai Kumala, PLN Tenggarong, Kodim 0906 Tenggarong dan Polres Kukar.

Haryanto Bachroel juga mengatakan, saat Erau ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan di Pulau Parai Kumala, dalam upaya mengembalikan kondisi kunjungan ke ikon pariwisata Kukar tersebut.

Sementara dalam paparannya, Kepala Disbudpar Sri Wahyuni mengusulkan bahwa tema pelaksanaan Erau 2012 berkenaan dengan pengembangan ekonomi keratif sehingga tema Erau 2012 yaitu "Dengan Festival Erau 2012, Kita Bina dan Lestarikan Adat Tradisi Leluhur Guna Menumbuhkembangkan Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat".

"Dalam Expo Erau nanti kita akan menampilkan produk ekonomi kretaif warga, baik kerajinan maupun makanan, sebagai cara untuk mengembangkan produk asli warga Kukar," ujar Sri.

Adapun agenda kegiatan Erau 2012 yaitu rangkaian upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, welcome party, upacara pembukaan dan penutupan, makan beseprah (makan bersama), olahraga tradisional, expo atau pameran, dan berbagai pertunjukan seni.

Selain itu direncanakan juga lomba seni tradisi, di antaranya lomba tari Jepen untuk umum, lomba baca tulis tarsul dan lomba bemamai (mengomel dalam bahasa kutai). "Rencananya pembukaan Erau akan dilaksanakan di Stadion Rondong Demang," ujarnya.

Sementara Asisten IV Setkab Kukar H Bahrul mengatakan untuk membahas pelaksanaan Erau tersebut lebih lanjut melalui rapat panitia teknis Erau.

"Kita harus benar-benar siapkan dengan matang, agar Erau ini bisa berakibat pada meningkatnya kunjungan di Kukar serta ekonomi kretaif warga bisa terjual dan dikenal di Indonesai," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com