Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selidiki Asal-Usul Logistik Persenjataan di BSMI

Kompas.com - 28/02/2012, 09:42 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian didesak menyelidiki asal-usul logistik persenjataan berupa kotak-kotak peluru aktif yang ditemukan warga di rumah dinas petinggi PT Barat Selatan Makmur Investindo di Mesuji, Lampung.

"Harus diselidiki itu, apakah itu memang benar peluru milik TNI atau untuk mempersenjatai pam swakarsa di sana? Itu kan bisa ditelusuri," tutur Direktur LBH Bandar Lampung Indra Firsada, Selasa (28/2/2012) menanggapi soal berita ditemukannya kotak peluru yang diduga milik TNI/Polri di Mesuji.

Menurut dia, sangat penting untuk mengetahui asal-usul logistik persenjataan itu. "Jagang-jangan kekhawatiran masyarakat mengenai beredarnya SMS (pesan singkat) bahwa TNI melakukan latihan militer di sana benar adanya," ungkap aktivis dari Sekber Pemulihan Hak-hak Rakyat Indonesia ini.

Jika ini terbukti benar, ungkapnya, itu sangat disayangkan. "Bagaimanapun, itu (areal perkebunan PT BSMI) kan bukan untuk tempat latihan perang. Ini bisa meresahkan masyarakat," tuturnya.

Terkait hal ini, Panglima TNI Agus Suhartono sebelumnya membantah bahwa TNI tengah melakukan latihan militer di BSMI. Ia juga mengatakan tengah menyelidiki asal usul beredarnya pesan singkat yang beredar luas di warga mengenai latihan militer itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com