Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelengkapan Objek Wisata Ada di Yogyakarta

Kompas.com - 25/03/2012, 08:30 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi objek wisata yang sangat lengkap sehingga bisa menjadi pilihan bagi wisatawan mancanegara maupun Nusantara yang berkunjung ke daerah itu.

"Potensi pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sangat lengkap. Tidak banyak daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan objek wisata selengkap DIY," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Tazbir, Minggu (25/3/2012) di Yogyakarta.

Tazbir mengatakan, objek wisata di Yogyakarta meliputi keindahan alam, kerajinan batik, kesenian dan budaya, Malioboro, dan tempat-tempat kuliner Yogyakarta yang kini semakin diminati wisatawan. Ia optimistis keaneka-ragaman wisata DIY akan menjadi modal besar untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan datang ke Yogyakarta tahun ini.

"Wisatawan yang ingin belanja dan menikmati keindahan wisata, Yogyakarta adalah tempat paling nyaman dan aman untuk dikunjungi," kata Tazbir.

Menurut Tazbir, Yogyakarta memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi selama liburan akhir pekan panjang saat ini. Selain kawasan Malioboro sebagai pusat wisata Kota Yogyakarta, kini ada beberapa tempat perbelanjaan modern maupun tradisional. Selain Mal Malioboro di Jalan Malioboro, ada pula Ambarukmo Plaza, Pasar Beringharjo, dan beberapa pusat penjualan produk kerajinan batik.

Untuk pantai, wisatawan dapat menikmati udara segar di Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul, Pantai Glagah (Kulon Progo), dan puluhan pantai cantik di Gunung Kidul. Di Gunung Kidul, misalnya, ada Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenehan, Wediombo, Baron, Sundak, dan Pantai Siung yang sangat indah dan eksotik.

"Jika wisatawan ingin belanja produk kerajinan, mereka bisa datang di Kotagede, Yogyakarta, dan Kasongan Kabupaten Bantul serta beberapa desa wisata yang bertebaran di wilayah DIY," kata Tazbir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com