Dari Bakso Tembak hingga Bom Meledak!

Kompas.com - 10/04/2012, 18:28 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Sehari setelah saya mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris untuk berkangen ria dengan jajanan bakso lapangan tembak dan menikmati musik Sasando, berita pengeboman gedung yang saya datangi itu bikin bulu kuduk merinding.

Dua belas tahun sudah saya hidup di Perancis, tapi yang namanya kantin koperasi KBRI di Paris, selalu saja belum sempat saya datangi. Padahal cerita yang mampir di telinga ini, adalah:

"Kalau ke Paris, mampir deh ke kantin koperasi di sana, bisa puas kangenan sama jajanan kampung halaman, minumnya juga kaya diiklan-iklan tuh, apa pun makanannya minumannya ya….."

"Mau cari tempe, segala macam bumbu, krupuk sampai terasi, teh Dini bisa tuh belanja di sana, kan sering ke Paris!"

Berhubung saya tinggal di Perancis selatan, maka segala sesuatu yang berhubung dengan administrasi kewarganegaraan hubungan saya lebih kepada Konsulat Indonesia di Marseille yang mengurus warga indonesia yang bermukim di daerah Perancis selatan dan sekitarnya.

Hingga tahun lalu, teman saya yang  tinggal di Paris datang mengunjungi kami sekeluarga dengan oleh-oleh tempe, tiga macam kerupuk dan tentunya cerita mengenai santapan yang dia nikmati. Semua didapatinya di kantin koperasi KBRI.

Kalau masalah bumbu sampai kecap dan sambal, di kota saya Montpellier sudah ada supermarket yang menjualnya, tak perlu lagi repot setiap pulang kampung keberatan bagasi karena terisi dengan berbagai persediaan setahun bumbu inti untuk masakan indonesia. Tapi cerita jajanan itulah yang membuat saya penasaran.

Kangen makanan Indonesia, yang bisa saya lakukan adalah mengolahnya, enak memang. Tapi kenikmatan jajan itulah yang paling saya kangenin. Sayangnya berkali-kali ke Paris, selalu saja tak sempat, karena ke sana seringnya untuk liputan yang sudah memakan waktu.

Baru kali inilah, saya niatkan membuat liputan khusus untuk rubrik Surat dari Perancis,  mengenai Paris sesuai dengan keinginan hati. Salah satunya tentu saja si kantin koperasi.

Setelah memastikan lewat telepon jika kantin hari itu buka dan ada jajanan lumayan komplit, rendez-vous (janji sua) dengan sahabat di sana, temu kangen sekaligus ngebakso!

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.