Inilah Hotel-hotel Bersejarah di Indonesia

Kompas.com - 14/04/2012, 15:13 WIB

KOMPAS.com – Sejarah pariwisata di bumi nusantara memang tak lepas dari peran kolonial Belanda. Salah satunya adalah ditandai dengan munculnya hotel-hotel di Pulau Jawa. Apalagi sejak dibukanya terusan Suez, makin memudahkan kapal-kapal dari benua Eropa menuju nusantara. Di abad ke-19 inilah kapal-kapal pesiar yang membawa turis-turis dengan dominasi kulit putih asal Eropa datang ke Indonesia untuk berwisata.

Tahun 1910, Belanda membuat biro wisata yang menerbitkan buku panduan wisata sampai ke urusan promosi melalui brosur. Brosur-brosur wisata Pulau Jawa tersebar di Eropa di tahun 1920-an. Awal abad ke-20 menjadi kejayaan pariwisata Hindia Belanda.

Eksotisme bumi nusantara yang ditampilkan di brosur dan buku-buku yang ditulis para penjelajah nusantara sebelumnya, membawa para pelancong Eropa mengarungi lautan untuk berwisata di nusantara.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hotel-hotel pun dibangun di kota-kota besar dan tujuan wisata. Walaupun berbagai penginapan peristirahatan sudah berjamur di akhir abad ke-19.

Hotel-hotel mewah pertama di Hindia Belanda untuk kebutuhan para wisatawan berada di Pulau Jawa, Medan, dan Makassar. Di era kemerdekaan, sebagian besar hotel ini diambil alih oleh pemerintah Indonesia. Beberapa masih bertahan sampai saat ini. Seperti Hotel Mij De Boer di Medan yang kini telah menjadi Natour Dharma Deli.

Kemudian, di era Orde Lama, Soekarno pun membangun hotel berbintang berstandar internasional pertama di Indonesia. Saat itu, terdapat empat hotel yang dibangun dalam periode berdekatan.

Hotel bersejarah yang masih ada di Indonesia saat ini bisa dibagi ke beberapa tipe. Tipe pertama adalah peninggalan dari masa kolonial Belanda, masa Orde Lama, maupun masa Orde Baru. Beberapa sudah melewati masa kejayaannya.

Ada pula hotel-hotel yang dibangun di bangunan-bangunan sejarah seperti Hotel Ibis Surabaya yang menempati bangunan cagar budaya. Dulunya bangunan tersebut merupakan kantor perusahaan gula yang dibangun tahun 1916 dan dijuluki sebagai Gedung Cerutu.

Contoh lain adalah Hotel Niagara di Malang. Bangunan yang ditempati hotel tersebut merupakan bangunan yang dibangun di akhir abad ke 19. Awalnya, bangunan itu merupakan vila keluarga.

Nah, jika Anda ingin merasakan sensasi sejarah saat menginap, bagaimana kalau mencoba menginap di salah satu hotel ini. Hotel-hotel berikut merupakan hotel mewah di awal berdiri maupun di masa kini.

Hotel Majapahit, Surabaya
Berbicara tentang hotel bersejarah tak bisa lepas dari hotel satu ini. Sejak dibangun di tahun 1910 hingga saat ini, bangunan tersebut tetap berfungsi sebagai hotel, walaupun pemerintahnya silih berganti.

Awalnya, hotel tersebut dibangun dengan nama Oranje Hotel oleh Lucas Martin Sarkies asal Armenia. Di tahun 1936, hotel tersebut direnovasi dengan tambahan sentuhan art deco.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorI Made Asdhiana

    Close Ads X