Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaring Turis melalui Wisata Minat Khusus

Kompas.com - 29/08/2012, 15:35 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 10 juta di tahun 2014.

Sedangkan tahun ini, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia ditargetkan 8 juta. Salah satu pengembangan pariwisata untuk menarik minat wisman maupun wisatawan nusantara (wisnus) adalah melalui wisata minat khusus.

"Misalnya wisata kapal pesiar. Ada 10 pelabuhan yang akan dikembangkan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (28/8/2012).

Selain wisata kapal pesiar, beberapa wisata minat khusus yang tengah dikembangkan pemerintah adalah wisata budaya dan sejarah, ekowisata, dan wisata olahraga dan rekreasi seperti golf, menyelam, selancar, layar, dan mendaki gunung.

"Juga wisata kuliner dan belanja. Setelah transportasi dan akomodasi, mereka spending untuk kuliner dan belanja," kata Mari.

Menparekraf menambahkan, wisata minat khusus lainnya adalah wisata kesehatan dan kebugaran. Termasuk di dalamnya adalah spa. Selain itu juga wisata MICE (meeting, incentive, convention, dan exhibition) dikembangkan sebagai wisata minat khusus.

"Indonesia menjadi host (tuan rumah) beberapa event internasional tahunan," tambah Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com