Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan di Negeri Sendiri Lebih Nikmat

Kompas.com - 02/09/2012, 16:38 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang bangga karena telah traveling ke luar negeri. Padahal, wisata di dalam negeri pun tak kalah menarik. Selain membantu pemasukan devisa negara, berwisata di negeri sendiri juga dapat meningkatkan rasa cinta kepada tanah air.

"Orang Indonesia bangga foto background-nya Menara Eiffel atau Big Bang, mending tinggal aja disana, jangan di Indonesia," ungkap Ramon Y. Tungka, artis sekaligus traveler, pada acara Kaskus Lounge, di Menara Palma, Rabu (29/8/2012) lalu.

Ramon pun menyatakan bahwa tak ada tempat di Indonesia yang tidak indah. Hal ini diaminkan oleh Barry Kusuma, fotografer traveler yang juga mengaku telah jatuh cinta dengan alam Indonesia. "Indonesia jauh lebih indah dibanding negara lain cuma kurang promosi dan terlalu luas," katanya.

Sedangkan Qairany Arta, salah satu anggota forum Traveler Kaskus mengungkapkan bahwa Indonesia itu layaknya 'taman mini' -nya dunia, apa pun bisa ditemukan di Indonesia. Namun sayangnya keindahan Indonesia lebih banyak dinikmati oleh wisatawan asing ketimbang oleh masyarakatnya sendiri. Seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah.

Menurut penuturan Lucia Nancy, seorang Travel Consultant, pada waktu ia ke Tanjung Puting, sebagian besar wisatawan berasal dari mancanegara, wisatawan lokal hanya dirinya dan rombongannya. "Waktu kita datang kesana mereka terkejut dan bilang 'wow ngapain kalian disini?' karena mereka jarang banget liat orang Indonesia," kata Lucia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com