Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dari Rp 80 Miliar Dihabiskan untuk Sail Morotai

Kompas.com - 12/09/2012, 16:50 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

 

 

TERNATE,KOMPAS.com- Lebih dari Rp 80 miliar dihabiskan untuk Sail Morotai 2012, kegiatan layar bertaraf internasional di Maluku Utara. Namun tidak sebatas kegiatan layar, Sail Morotai digelar untuk menyiapkan Indonesia agar bisa mengambil manfaat dari tumbuhnya perekonomian negara-negara di Pasifik.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menyampaikan hal ini usai membuka Maluku Utara Expo sebagai bagian dari Sail Morotai 2012, di Ternate, Rabu (12/9/2012).  

Menurut Agung, dana sebesar Rp 80 miliar, diantaranya untuk logistik dan bantuan sosial, yang dikeluarkan itu hanya sebagian saja. Pasalnya sebelum Sail Morotai digelar sejumlah kementerian telah mengeluarkan dana. Kementerian itu diantaranya, Kementerian Pekerjaan Umum untuk menyiapkan infrastruktur di Morotai dan Kementerian Kesehatan yang mengubah puskesmas di Morotai menjadi rumah sakit .

"Jadi jumlah total anggaran yang dikeluarkan untuk pelaksanaan Sail Morotai, lebih dari Rp 80 miliar," katanya.

Dengan dana menghabiskan hingga miliaran rupiah, ujar Agung Laksono, Sail Morotai tidak sebatas kegiatan reli puluhan kapal layar asing ke Morotai. Lebih dari itu, Sail Morotai merupakan upaya pemerintah agar Indonesia bisa mengambil manfaat dari tumbuhnya negara-negara di Pasifik.

Jepang, Korea Selatan, dan China hanya beberapa negara di Pasifik yang perekonomiannya terus tumbuh. Pertumbuhan ini harus bisa dimanfaatkan Indonesia, dan Sail Morotai hanyalah salah satu cara untuk agenda tersebut .     

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com