Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk ke Karnival Wisata 2012

Kompas.com - 25/10/2012, 19:36 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat-tempat wisata Indonesia mulai dilirik oleh para wisatawan internasional. Sepanjang tahun 2012, terdapat lebih dari 5 juta wisatawan asing datang mengunjungi tempat-tempat wisata di Indonesia mulai dari Sumatera hingga Papua.

Menurut United Nation World Tourism Organization (UNWTO), perkembangan sektor pariwisata Indonesia merupakan yang terbaik di Asia selama 10 tahun terakhir. Dengan berkembangnya sektor pariwisata, selain mengundang banyak wisatawan, juga menarik ivestor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Untuk mempromosikan wisata Indonesia digelar Karnival Wisata 2012. Ini merupakan pameran wisata bertaraf internasional, menghadirkan berbagai pernik wisata seperti hotel & resort, tour & travel, industri, pendidikan, pengelola rumah sakit, pengelola pariwisata lokal dan asing, serta pengusaha makanan dan minuman.

"Kami sadar pariwisata telah menjadi industri besar yang tidak kalah dengan industri lainnya. Bahkan negara-negara maju di belahan Eropa sangat mengandalkan pariwisata dalam meraup devisa," ungkap James D. Pany, Excutive Director PT Abby Global Network, dalam siaran persnya yang diterima Kompas.com, Kamis (25/10/2012).

Karnival Wisata 2012 bertemakan "Tourism in One" ini akan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Oktober 2012 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta yang diselenggarakan oleh  PT Abby Global Network bekerja sama dengan MNC Channels. Melalui acara ini diharapkan dapat menjadi ruang yang tepat untuk menawarkan yang terbaik bagi para calon wisatawan.

Menurut James, dengan makin berkembangnya industri pariwisata akan muncul banyak persaingan, baik oleh para pengelola tempat wisata serta daerah-daerah yang menjadi lokasi tempat wisata tersebut.

"Tentu saja akan ada persaingan yang selalu menantang daya kreatifitas di setiap negara untuk bisa menjadi yang terunggul di bidang pariwisata ini. Oleh karena itu diperlukan kerja sama yang kuat bagi semua pihak agar Indonesia bisa menjadi yang terbaik, setidaknya di Asia Tenggara," kata James. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com