Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia X Bidik Asia Tenggara-Nepal

Kompas.com - 23/11/2012, 03:28 WIB

Kathmandu, Kompas - Maskapai AirAsia X membidik peningkatan jumlah wisatawan ke Nepal dengan terus meningkatkan jumlah penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia, ke Kathmandu, Nepal. Wisatawan yang dibidik tak hanya berasal dari kawasan Asia Tenggara, tetapi juga dari Australia dan kawasan Pasifik.

Wartawan Kompas Irene Sarwindaningrum melaporkan dari Kathmandu, maskapai berbasis di Malaysia yang mempunyai jaringan di berbagai negara di Asia ini meningkatkan jumlah penerbangan Kuala Lumpur-Kathmandu dari dua penerbangan sepekan pada Juli 2012 menjadi tiga penerbangan mulai September 2012. Selain itu, AirAsia X berencana meningkatkannya menjadi empat penerbangan sepekan pada awal 2013.

Chief Executive Officer AirAsia X Azran Osman-Rani di Kathmandu, Rabu (21/11), mengatakan, penambahan jumlah penerbangan ini diperkirakan akan mampu menambah jumlah penumpang pesawat dari Kuala Lumpur ke Kathmandu dua kali lipat, menjadi 200.000 orang setahun. Saat ini, jumlah penumpang pesawat dari Kuala Lumpur ke Kathmandu berkisar 100.000 setahun.

”Kami optimistis bisa meraih 50 persen dari total jumlah penumpang tersebut,” katanya seusai peluncuran program CSR AirAsia X satu laptop satu anak di sekolah setingkat SD di Shree Chandi Devi Elementary School di Desa Danwar, Distrik Laliput, Kathmandu.

Rute Kuala Lumpur-Kathmandu merupakan rute jarak panjang yang baru saja dibuka AirAsia X pada Juli lalu. Namun, tingkat keterisian (load factor) pesawat tersebut sangat tinggi, yaitu mencapai 80 persen.

Selain karena tingginya minat wisata ke Nepal, tingginya tingkat keterisian maskapai yang bertarif rendah itu didukung oleh biaya penerbangan AirAsia X yang relatif jauh lebih murah daripada penerbangan-penerbangan yang telah tersedia sebelumnya.

Menurut Azran, pembukaan rute ke Kathmandu tersebut dilakukan karena minat wisata ke Nepal sangat tinggi, sementara penerbangan masih sangat terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com