Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata NTB Andalkan Keindahan Alam

Kompas.com - 19/12/2012, 17:09 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengklaim target program Visit Lombok Sumbawa (VLS) 2012 yakni kunjungan sebanyak satu juta wisatawan, telah tercapai sejak pekan kedua November 2012.

"Target itu sudah tercapai sejak beberapa pekan lalu berkat dukungan berbagai pihak, termasuk pelaku pariwisata yang gencar mempromosikan obyek wisata andalan dan mendorong kemajuan ekonomi kreatif," kata Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi, di Mataram, Rabu (19/12/2012).

Pencapaian target satu juta wisatawan mancanegara dan nusantara itu, juga diapresiasikan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada para pihak yang digelar di Hotel Lombok Raya, Selasa (18/12/2012) malam.

Malam apresiasi VLS 2012 itu dipadukan dengan syukuran HUT ke-54 Pemerintah Provinsi NTB, yang dirangkai dengan puncak Pekan Bulan Citra Budaya 15-18 Desember 2012.

Para pihak yang diberi apresiasi terkait kesuksesan VLS 2012 antara lain, kepala daerah sepuluh kabupaten/kota yang dinilai telah bekerja keras mengelola destinasi pariwisata, dan budayawan yang berperan aktif mendukung kemajuan pariwisata.

Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemprov NTB yang menggelar wisata MICE (Meeting Incentive, Conference dan Exhibition) terbanyak di 2012, juga berhak atas penghargaan tersebut.

Selain itu, Forum Wartawan Pemprov NTB yang dinilai berperan aktif membantu mendorong kemajuan pariwisata NTB juga diberi penghargaan serupa.

Program VLS 2012 diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat pada 6 Juli 2009.

Meskipun telah dinyatakan mencapai target VLS 2012, Pemprov NTB belum mau meluncurkan program VLS lanjutan dengan target kunjungan dua juta wistawan pada 2015, yang sebelumnya digadang-gadang akan diluncurkan saat malam apresiasi VLS 2012 itu.

Gubernur Majdi menginginkan kunjungan wisatawan lebih banyak lagi, sehingga mendorong semua SKPD lingkup Pemprov NTB dan pemkab/pemkot di sepuluh daerah otonom, untuk terus mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya.

Namun, Gubernur NTB menekankan pentingnya pengembangan sektor pariwisata berbasis natural, atau lebih banyak menonjolkan keindahan alam, bukan destinasi yang banyak tersentuh teknologi.

"Alam di NTB sungguh indah, dan banyak orang menyukainya. Karena itu, siapa pun yang nantinya memimpin NTB di masa mendatang, harus tetap menjaga keindahan alam ini dalam pengembangan sektor pariwisata," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com