Kompas.com - 05/03/2013, 20:04 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Di jantung kota Medan, terdapat kawasan bernama Kampung Keling. Berada di kampung ini, membuat kita terasa sedang berada di Little India. Penduduknya sebagian besar komunitas masyarakat keturunan India Tamil.

Dalam perjalanannya di Kota Medan dan sekitarnya, host Explore Indonesia yang tayang di Kompas TV, Kamga, menyusuri kawasan Kampung Keling.

"Sepanjang jalan, kita akan bersua wajah-wajah berparas India, serasa kita bukan di Indonesia, ini Little India," kata Kamga.

Sudah ratusan tahun lalu, nenek moyang mereka bermigrasi dari Madras, India Selatan, ke kota Medan, sebagai pekerja perkebunan. Karena itu Kampung Keling juga disebut sebagai Kampung Madras.

"Kami ini keturunan generasi ke 4 atau 5 dari nenek moyang kami yang dulu datang dari Madras," kata Siwa Pergas, warga.

Kini generasi keturunan para imigran India ini, telah melebur menjadi warga setempat.

Identitas India masih sangat kentara dari nama-nama jalan di kawasan ini. Seperti Jalan Hindu, Jalan Mahayana, dan Jalan Kalingga. Sebuah kuil tua berdiri megah menjadi pusat beribadah warga yang mayoritas memeluk Hindu.

Ketika malam, jalanan dekat kuil, yaitu Jalan Pagaruyung, menjadi pusat kuliner. Masakan yang dijajakan pun khas India, seperti nasi briyani, roti cane dan aneka masakan berbumbu dengan cita rasa rempah tajam.

Bertandang ke Kota Medan, Kamga tak lupa mencicipi durian setempat. Bukan saja menyantap duriannya, tapi yang lebih seru lagi bisa ikut langsung masuk ke hutan durian di pegunungan Sidikalang.

Di Kota Medan, Kamga juga mengunjungi pasar malam. Hiburan rakyat khas Indonesia yang mulai terpinggirkan. Kamga tidak hanya melihat, tapi juga mendapat tantangan membonceng motor dalam tong setan. Sebuah pengalaman gila yang tidak akan terlupakan.

Saksikan petualangan seru Kamga selengkapnya di program Explore Indonesia di Kompas TV, pada Selasa (5/3/2013), pukul 21.00 WIB. (Anjas Prawioko)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.