Kompas.com - 07/03/2013, 16:34 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

SURABAYA, KOMPAS.com — Menyambut hari raya Nyepi, umat Hindu di Surabaya, Jawa Timur, telah menyiapkan serangkaian acara, antara lain Melasti, Tawur Kesanga, Tapa Brata, Ngembak Geni, serta pelaksanaan Dharma Santi. Tahun 2013 ini perayaan Nyepi mengambil tema "Dengan Persaudaraan Kita Bangun Kebersamaan".

Menurut Ketua Panitia Nyepi dan Dharma Shanti Bersama TNI-POLRI-PNS-Umat Hindu Jawa Timur I Nyoman Sutantra di Surabaya, Kamis (7/3/2013), perayaan Nyepi di Surabaya menjadi salah satu event wisata tahunan karena serangkaian acara perayaan bisa menjadi daya tarik wisatawan.

"Perayaan menjelang Nyepi di Bali menjadi salah satu daya tarik wisatawan sehingga dimasukkan dalam kalender event tahunan wisata. Salah satu yang menjadi daya tarik turis adalah Pawai Seni Ogoh-ogoh," katanya.

Menjelang Nyepi, umat Hindu Surabaya akan melakukan Melasti, Minggu (10/3/2013), yang berpusat di Pura Agung Jagat Karana, Perak. Proses Melasti akan diikuti sekitar 6.000 orang, diikuti umat Hindu Surabaya, Mojokerto, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, dan Bromo, Probolinggo.

"Prosesi Melasti dimulai sekitar pukul 08.30. Umat Hindu akan berjalan kaki dari Pura Agung Jagat Karana menuju Pantai Arafuru dan diperkirakan kembali pukul 12.30," katanya. Kemudian, sehari menjelang Nyepi, Senin (11/3), dilakukan Tawur Kesanga yang akan dilaksanakan di Tugu Pahlawan mulai pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Ritual Tawur Kesangan akan dihadiri sekitar 2.500 umat Hindu. Setelah itu, dilanjut, Pawai Seni Ogoh-ogoh yang menurut rencana dilepas oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. "Pawai akan mengelilingi Tugu Pahlawan, pawai juga akan dilakukan di sekitar Pura Segara Kenjeran pukul 15.00-16.30 WIB akan dihadiri sekitar 1.000 orang.

Pawai seni Ogoh-ogoh menjadi daya tarik wisata di Surabaya. "Kegiatan ini sudah yang ketiga kalinya kami lakukan," katanya. Untuk menghindari kemacetan diharapkan warga Surabaya yang biasa melintasi Jalan Pahlawan.

Supaya mencari jalur alternatif agar tidak terjebak macet. Sebab, pawai ini akan berlangsung sampai siang hari. Puncak perayaan Nyepi akan dilakukan Dharma Shanti, Minggu (7/4/2013), di Jatim Expo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.