Promosi Kurang, Kunjungan Wisatawan ke Desa Wisata Rendah

Kompas.com - 19/04/2013, 08:21 WIB
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan nusantara ke desa wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih rendah. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman, Shavitri. "Kondisi itu disebabkan upaya untuk mempromosikan desa wisata selama ini masih kurang. Hal itu terjadi karena keterbatasan anggaran," katanya di Pusat Studi Pariwisata (Puspar) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis (18/4/2013).

Selain itu, menurut Shavitri, pada diskusi bertema "Desa Wisata DIY: Daya Saing, Inovasi, dan Keberlanjutannya", masyarakat lokal juga belum memahami keberadaan desa wisata di Kabupaten Sleman. "Hal itu menunjukkan strategi komunikasi pemasaran pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara ke desa wisata Kabupaten Sleman masih menghadapi masalah," katanya.

Shavitri melanjutkan, jumlah wisatawan nusantara yang mengunjungi desa wisata dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Meskipun pernah meningkat dari 2007 ke 2008, pada 2009 sempat mengalami penurunan drastis. "Persentase kunjungan dikatakan rendah karena pada 2010 jumlah desa wisata di Kabupaten Sleman mengalami penurunan menjadi hanya 37 desa wisata dalam lima tahun terakhir," katanya.

Oleh karena itu, strategi komunikasi pemasaran perlu dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman dan para pelaku usaha desa wisata.

Selain itu juga diperlukan berbagai strategi kreatif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di desa wisata Kabupaten Sleman, di antaranya melalui agenda yang secara tidak langsung memperkenalkan daya tarik desa wisata kepada wisatawan nusantara dan berbagai aktivitas yang berada di dalamnya.

"Strategi media juga penting untuk mempublikasikan desa wisata di media cetak, media elektronik, media online, brosur, leaflet, booklet, dan bioskop," katanya.

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X