Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2013, 10:39 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Obyek pantai di sejumlah wilayah selatan Bali selama ini masih menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan asal Australia. "Turis Australia umumnya bersama keluarga ke Bali memilih tempat berkunjung ke Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua, Tanjung Benoa. Hanya sedikit memilih daerah Ubud," kata pengamat pariwisata Bali, Dewa Nyoman Putra di Denpasar, Selasa (11/6/2013).

Dari hasil survei perilaku wisatawan mancanegara yang dilakukan Bank Indonesia Denpasar November 2012 terhadap 510 responden wisman seluruh negara diperoleh informasi mengenai perilaku wisman Australia dengan keterwakilan 149 orang.

Disebutkan bahwa tujuan utama wisman Australia datang ke Bali adalah untuk berlibur 95,95 persen, sisanya berkunjung dalam rangka bisnis atau menghadiri kegiatan MICE. Oleh karena itu, rata-rata lama tinggal mereka di Bali mencapai enam hari.

Wisman Australia umumnya datang bersama keluarga (48,32 persen) atau teman (38,26 persen) dengan tujuan daerah kunjungan mayoritas tersebar di Kabupaten Badung yang meliputi Kuta, Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua, dan Tanjung Benoa (73,33 persen).

Dewa Putra mengatakan, sesuai data yang diperoleh, sebagian kecil turis Autralia tinggal di daerah pegunungan di kawasan wisata Ubud dan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, sekitar 16,67 pesen, sedangkan Kota Denpasar sebesar 8,89 persen.

Ia menyebutkan, wisatawan asal Australia tetap mendominasi kunjungan turis ke Bali yang mampu memberikan kontribusi sebesar 25,06 persen yakni mencapai 242.935 orang dari total kunjungan wisman sebanyak 969.382 orang selama periode Januari-April 2013.

Jumlah warga negara Negeri Kanguru itu yang mengunjungi Pulau Dewata untuk bisa menikmati panorama alam dan keindahan seni budaya Bali meningkat 2,07 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya tercatat 238.003 orang.

Kedatangan turis Australia ke Bali jumlahnya jauh melebihi pelancong asal kawasan ASEAN yang hanya 114.000 orang, serta lebih banyak dari wisatawan asal kawasan Uni Eropa yang baru tercatat 202.000 orang pada empat bulan pertama 2013.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+