Kompas.com - 06/07/2013, 17:40 WIB
Turis dari Eropa yang menggunakan kapal pesiar Minerva tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (7/1/2013). Turis yang berkunjung ke Jawa Tengah diperkirakan meningkat seiring dengan banyaknya kapal pesiar yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas. Pada tahun 2011 terdapat 17 kapal pesiar yang bersandar dan tahun 2013 diperkirakan naik menjadi 26 kapal. Kunjungan singkat selama satu hari untuk berwisata di Borobudur dan Museum Kereta Api Ambarawa. KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASATuris dari Eropa yang menggunakan kapal pesiar Minerva tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (7/1/2013). Turis yang berkunjung ke Jawa Tengah diperkirakan meningkat seiring dengan banyaknya kapal pesiar yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas. Pada tahun 2011 terdapat 17 kapal pesiar yang bersandar dan tahun 2013 diperkirakan naik menjadi 26 kapal. Kunjungan singkat selama satu hari untuk berwisata di Borobudur dan Museum Kereta Api Ambarawa.
EditorI Made Asdhiana
SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo minta semua pihak terkait untuk ikut serta dan terus mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Jateng sebagai salah satu upaya menyukseskan program Visit Jateng 2013. "Jateng menempati posisi keempat destinasi pariwisata di Indonesia setelah Bali, Jakarta, dan Yogyakarta," katanya di Semarang, Jumat (5/7/2013) malam.

Hal tersebut disampaikan Bibit saat memberikan sambutan pada pembukaan acara Parade Seni Budaya Jawa Tengah Untuk Memperingati HUT ke-63 Provinsi Jateng yang dipusatkan di Jalan Pahlawan Semarang.

Bibit mengungkapkan, Provinsi Jateng mempunyai keunggulan di sektor pariwisata yang harus dijaga, dipelihara, "diuri-uri" agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. "Di Jateng ada banyak destinasi pariwisata di antaranya Candi Borobudur, Kepulauan Karimunjawa, Tawangmangu, Dataran Tinggi Dieng, Sangiran dan masih banyak lagi," ujar Bibit yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Jateng pada 23 Agustus 2013.

Terkait dengan acara parade seni budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jateng, Bibit minta agar para seniman yang terlibat didalamnya terus menciptakan kreativitas di bidang seni budaya sehingga pariwisata menjadi berkembang.

"Kegiatan yang menumbuhkan ide kreativitas seni budaya seperti ini harus terus dilakukan tiap tahun dan ditingkatkan," kata mantan Pangdam IV/Diponegoro itu.

KOMPAS/HENDRIYO WIDI Wisata Bahari Dukung Visit Jateng 2013
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jateng, Prasetyo Aribowo mengatakan, parade seni budaya ini merupakan kegiatan yang dilakukan rutin tiap tahun. "Sebanyak 35 peserta dari kabupaten/ kota se-Jateng akan menampilkan atraksi kesenian selama tiga menit di depan panggung kehormatan," ujarnya.

Parade seni budaya ini, tambah Prasetyo, juga sebagai ajang untuk mendemonstrasikan kebudayaan yang sesuai nilai budaya Jawa dengan tema bebas sehingga masing-masing peserta dapat berkreasi dan berinovasi sesuai yang diinginkannya sepanjang tidak melanggar norma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.