Kompas.com - 09/07/2013, 11:21 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Tidak lengkap rasanya jalan–jalan ke luar negeri tanpa membeli oleh-oleh. Kadang tidak tega ketika pulang tidak ada buah tangan atau cenderamata buat orang terkasih seperti keluarga, sahabat, termasuk teman di kantor.

Apalagi buat orang Indonesia, oleh–oleh sudah seperti keharusan. Bagaimana bila dompet tipis alias bujet ketat dengan uang terbatas? Belanja suvenir murah menjadi solusi terbaik.

Suvenir sebagai oleh–oleh luar negeri tidak harus mahal. Suvenir murah bisa kita dapatkan kalau kita tahu trik dan tempat yang tepat. Salah satu trik yang  biasa dilakukan oleh para pelancong atau backpacker, jalan-jalan dengan bujet rendah adalah belanja suvenir di pasar malam.

Pasar malam di kawasan Asia, terutama Indochina, sudah menjadi budaya. Di semua kawasan turis dan kota–kota utama di Asia selalu ada pasar malam atau night market.

Biasanya pasar malam dimulai jam 4 sore sampai setidaknya jam 10 malam, tidak jarang juga bisa sampai tengah malam. Pasar malam bukan hanya diramaikan para turis tapi juga dijadikan ajang belanja murah dan tempat hiburan favorit masyarakat lokal setempat.

Suvenir murah dan ringan yang biasa jadi oleh–oleh adalah gantungan kunci dan tempelan kulkas. Bisa juga hiasan meja, asbak, pulpen, pensil, buku tulis kecil, dompet, tas atau kaus. Suvenir macam ini di pasar malam biasanya bisa lebih murah setidaknya 30 persen dari harga di toko dan area turis. Kalau beruntung bahkan bisa sampai 50 persen lebih murah.

Bukan hanya suvenir untuk oleh–oleh, para turis dari Eropa juga acap kali membeli barang kebutuhan sehari–hari di pasar malam. Lulu, turis asal Swedia selalu membeli baju, celana dan tas yang digunakan selama perjalanan di pasar malam.

“Saya suka bahannya ringan, motifnya bagus, dan yang penting murah," kata Lulu.

Sepanjang rute perjalanannya, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Laos, Lulu selalu membeli barang–barang yang bercorak khas Asia seperti celana, bahan dan kaus atau tunik. Lulu berkata, "Akan jadi kenangan indah saat pulang nanti".

Bukan hanya barang, makanan di pasar malam pun biasanya beragam dan murah. Menu makanan yang ditawarkan biasanya menu makanan lokal. Bukan hanya untuk belanja, di pasar malam kita bisa merasakan lebih dekat atmosfer kehidupan dan gaya masyarakat lokal termasuk makanannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.