Kompas.com - 10/07/2013, 15:41 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
WARSAWA, KOMPAS.com - Kerumunan orang berkumpul lebih dari biasanya di Zlote Tarasy, mal terbesar di Warsawa, Polandia, Jumat (5/7/2013). Selain memang saat ini adalah liburan sekolah, mereka berkumpul karena ada kegiatan "Indonesia Day" pada Letnie Tarasy Smakow (Summer Terraces of Tastes) yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 6 Juli 2013.

Kegiatan "Indonesia Day" merupakan hasil kerja sama antara KBRI Warsawa, pihak Zlote Tarasy, dan Assossiasi Persahabatan Indonesia-Poland. Acara ini menghadirkan makanan khas Indonesia, film Indonesia, serta pentas seni budaya Indonesia.

Hampir 10 ribu pengunjung yang datang ke "Indonesia Day" mendapat kesempatan untuk memenuhi hasrat mereka "merantau" ke Indonesia selama liburan, dengan mencicipi masakan dadar gulung serta rendang, menyaksikan film Indonesia, serta sejumlah pentas seni budaya Indonesia.

KBRI Warsawa Warga Warsawa mencicipi dadar gulung di acara
“Awal liburan ini, saya mengajak masyarakat Polandia untuk 'merantau' ke Indonesia bersama kami di Indonesia Day. Untuk liburan yang akan datang, saya harap kalian dapat langsung mengunjungi dan berwisata di Indonesia,” kata Duta Besar RI untuk Polandia, Darmansjah Djumala pada saat sambutan pembukaan "Indonesia Week Festival", seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (9/7/2013).

Pemutaran film “Janji Joni”, yang diputar ala layar tancap di halaman Zlote Tarasy, merupakan daya tarik dan pengalaman tersendiri bagi warga Polandia yang berbondong-bondong menikmati cuaca sore hari sembari menyaksikan film Indonesia.

“Filmnya menghibur dan menarik," ungkap salah seorang warga Warsawa, setelah menyaksikan film “Janji Joni”.

KBRI Warsawa Penampilan Tari Rantak di "Indonesia Day", Warsawa, Polandia.
Selain dimanjakan dengan makanan dan film Indonesia, para pengunjung Zlote Tarasy juga menyaksikan pentas seni budaya Indonesia yang ditampilkan oleh Assosiasi Persahabatan Indonesia-Polandia cabang Warsawa, dan Assosiasi Persahabatan Indonesia-Polandia cabang Krakow.

Penampilan para “Sahabat” Indonesia berhasil memukau penonton dengan sejumlah tarian Indonesia seperti bajidor kahot, tari rantak, tari kembang tanjung, dan diakhir dengan konser musik gamelan oleh Warsaw Gamelan Group.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.