Kompas.com - 20/07/2013, 10:31 WIB
Perahu mengantarkan wisatawan untuk menikamti keindahan bawah laut di sekitar Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (9/12/2012).Lembaga Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Regional Kementerian Jerman (GIZ RED Jateng), pelaku wisata Solo, dan pemerintah daerah mulai bekerja sama mengembangkan wisata dalam rangka Visit Jateng 2013. Hingga saat ini fasilitas kepulauan Karimunjawa masih minim dengan fasilitas jalan dan listrik untuk mendukung kenyamanan wisatawan.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASAPerahu mengantarkan wisatawan untuk menikamti keindahan bawah laut di sekitar Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (9/12/2012).Lembaga Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Regional Kementerian Jerman (GIZ RED Jateng), pelaku wisata Solo, dan pemerintah daerah mulai bekerja sama mengembangkan wisata dalam rangka Visit Jateng 2013. Hingga saat ini fasilitas kepulauan Karimunjawa masih minim dengan fasilitas jalan dan listrik untuk mendukung kenyamanan wisatawan.
EditorI Made Asdhiana
KUDUS, KOMPAS.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Jawa Tengah, Poppy Dharsono bertekad memotivasi pemerintah setempat membangun Pulau Karimunjawa yang ada di Kabupaten Jepara menjadi "green island".

"Kami berharap, Gubernur Jateng nantinya memiliki visi hampir sama yang memiliki keinginan mengubah Pulau Karimunjawa di Kecamatan Karimunjawa, Jepara menjadi ’green island’," ujarnya, di sela-sela reses menyerap aspirasi di Kabupaten Kudus, di Kudus, Jumat (19/7/2013).

Untuk merealisasikan cita-cita tersebut, katanya, pemanfaatan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar sebagai bahan baku untuk menghasilkan energi listrik perlu diubah, karena bahan bakar fosil dalam jangka waktu tertentu akan habis. "Selain itu, setiap tahun juga mengalami kenaikan harga," katanya.

Sebagai pengganti bahan bakar fosil, lanjut Poppy, di kawasan obyek wisata tersebut bisa memanfaatkan energi tenaga surya, mengingat di sejumlah negara maju mulai memanfaatkan energi tersebut.

Dengan energi tenaga surya, diharapkan listrik bisa dinikmati masyarakat secara berkelanjutan, bukannya hanya dalam beberapa jam bisa menyala. "Nantinya, perlu dibuat studi kelayakan untuk merealisasikan cita-cita tersebut," ujarnya.

KOMPAS/HENDRIYO WIDI Wisata Bahari Dukung Visit Jateng 2013
Perempuan kelahiran Garut, Jawa Barat, itu memastikan perjuangannya terhadap sektor pariwisata tidak akan kendor, mengingat saat ini masih kukuh mencalonkan diri lewat DPD, meskipun banyak partai yang menawarkan untuk hijrah mendaftar sebagai DPR. "Tawaran untuk mencalonkan diri sebagai DPR memang ada. Akan tetapi, saya lebih tertarik tetap lewat DPD," ujarnya.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X