Jetstar Mulai Layani Penerbangan Perth-Lombok

Kompas.com - 24/09/2013, 19:02 WIB
Peserta Parade Budaya Lombok Sumbawa 2013 beratraksi saat berada di halaman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Minggu (16/6/2013). Parade budaya yang diikuti kabupaten-kabupaten di Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu promosi wisata untuk mengajak wisatawan mengunjungi NTB. KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZESPeserta Parade Budaya Lombok Sumbawa 2013 beratraksi saat berada di halaman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Minggu (16/6/2013). Parade budaya yang diikuti kabupaten-kabupaten di Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu promosi wisata untuk mengajak wisatawan mengunjungi NTB.
EditorI Made Asdhiana
MATARAM, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Jetstar Airways mulai melayani rute Perth, Australia ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) empat kali seminggu yakni Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu.

Penerbangan perdana rute Perth-Lombok direalisasikan Selasa (24/9/2013) menggunakan pesawat Airbus A320 mengangkut 150 penumpang. Kepala Komersial dan Operasional Jetstar Nigel Fanning juga ikut dalam penerbangan perdana ke Pulau Lombok.

Jetstar A320 itu mendarat mulus di Bandara Internasional Lombok (BIL) pukul 14.10 Wita setelah menempuh penerbangan 3 jam 40 menit dari Perth.

Penerbangan perdana ke Lombok itu juga mengangkut 28 orang rombongan "familiarization trip" (fam trip), yang difasilitasi oleh kantor perwakilan kunjungan pariwisata Indonesia atau VITO (Visit Indonesia Tourism Officer) di Australia.

Rombongan "fam trip" terdiri dari agen perjalanan, pers, dan staf Jetstar, yang akan berwisata di Pulau Lombok hingga 29 September 2013.

Pimpinan Jetstar dan rombongan Famtrip dari Perth, Australia itu disambut oleh Wakil Gubernur NTB H Muhamad Amin dan anggota DPRD NTB beserta pejabat lainnya, termasuk pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB.

Ketua Lombok Hotel Association Stephen Servine yang juga berasal dari Australia, ikut menyambut rombongan tersebut.

Pada kesempatan itu, Nigel mengungkapkan bahwa manajemen Jetstar membuka rute penerbangan langsung Perth-Lombok karena cukup banyak warga Australia yang berminat berkunjung ke NTB.

"Banyak orang di sana (Australia) yang ingin ke Lombok sehingga kami buka rute ini. Kami menargetkan dapat membawa 100 ribu penumpang setiap tahun ke Pulau Lombok," ujarnya.

Nigel berharap kursi pesawat dalam setiap penerbangan dapat terisi 80 persen agar rute penerbangan itu dapat terus berlanjut.

Sementara itu Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin mengapresiasi maskapai penerbangan Jetstar yang telah merealisasikan rute penerbangan langsung Perth-Lombok itu.

"Hari ini merupakan sejarah dalam dunia pariwisata, karena penerbangan langsung Perth-Lombok ini akan memacu kunjungan wisatawan Australia ke NTB lebih banyak lagi. Tentu akan mendatangkan nilai tambah bagi masyarakat NTB," ujarnya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Gili Trawangan, Lombok, NTB.
Amin berharap, berbagai pihak terutama pelaku pariwisata di wilayah NTB memberi dukungan nyata kepada keberlanjutan penerbangan langsung itu.

"Semua pihak di NTB juga harus menciptakan suasana aman dan damai agar wisatawan mancanegara dan domestik betah berada di wilayah ini. Media massa pun diharapkan kerja samanya," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X