Kompas.com - 08/10/2013, 08:23 WIB
Penulis Tri Wahyuni
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Saat cuaca panas, asinan memang cocok dijadikan kudapan di siang hari. Asam cukanya maupun pedasnya bumbu kacang yang mengguyur bahan asinan pun seolah menyegarkan suasana siang yang begitu terik.

Berbicara soal asinan, di Pasar Lama, Tangerang, Banten, ada penjual asinan legendaris yang terkenal dengan asinannya yang lezat. Ya, siapa apa lagi kalau bukan asinan Lan Jin. Asinan yang sudah tersohor di Tangerang ini berada di tengah Pasar Lama dekat Kelenteng Boen Tek Bio.

Asinan yang dijajakan di sini adalah asinan sayur. Isinya terdiri dari tauge, kol, lobak, timun, sayur asin, dan wortel. Ditambah dengan irisan tahu kuning dan taburan kacang tanah yang sudah digoreng. Semua bahan diguyur dengan kuah cuka yang bercita rasa segar, asam, manis, dan sedikit pedas. Untuk Anda yang menyukai rasa lebih pedas, jangan khawatir, ada sambal tambahan yang sudah disediakan.

Segarnya sayuran yang terendam saus cuka bisa membuat terus menelan ludah. Belum lagi aroma saus cuka yang begitu lezat membuat siapa pun pasti tidak tahan ingin segera menyantapnya.

Sensasi segar saus cuka dan renyahnya sayur menjadi kombinasi yang tak terlupakan ketika sudah berpadu di mulut. Sayur yang digunakan merupakan sayur yang segar dan berkualitas sehingga sayur pun jadi terasa renyah. Gurih khas kacang tanah juga turut menyemarakkan rasa asinan ini. Sungguh kudapan yang cocok untuk siang hari.

Harga seporsi asinan Lan Jin dibanderol Rp 15.000. Memang cukup mahal untuk ukuran asinan. Tapi, jangan khawatir, satu porsi asinan Lan Jin cukup untuk dinikmati dua orang. Lezat, kenyang, dan pastinya sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.