Kompas.com - 06/11/2013, 18:28 WIB
|
EditorWisnubrata
JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Nasional Danau Sentarum menjadi "rumah" bagi satwa primata Bekantan. Tim "100 Hari Keliling Indonesia" pun sempat menemui binatang berhidung merah tersebut selagi berada di Danau Sentarum.

Salah satu tim "100 Hari Keliling Indonesia", Ignatius Dimas Yulianto mengisahkan, tim sempat menemui populasi bekantan yang ada di sepanjang aliran sungai Desa Leboyan, desa yang berada di sekitar Danau Sentarum.

Namun sayangnya, mereka menemui bekantan tidak lama. Hanya sekelebat, lalu primata itu masuk kembali ke dalam hutan. "Kita akhirnya ketemu bekantan sekitar 3 ekor. Dia ada di atas pohon sepanjang sungai Desa Leboyan," ungkap Dimas di Jakarta, Rabu (6/11/2013).

Ia pun menatakan, untuk bisa menemui bekantan tidaklah mudah. Tim sempat dua kali kembali ke tempat yang sama di hari yang berbeda, hanya untuk menemui primata tersebut.

"Hari pertama kami naik speedboat. Tapi kami tak berhasil bertemu dengan bekantan. Mungkin karena mereka terganggu dengan suara mesin yang kencang. Hari berikutnya kami berganti dengan menggunakan sampan biasa yang lebih kecil," kata Dimas.

Bertemu dengan bekantan, lanjutnya bisa dibilang adalah momen yang sulit. Setelah menunggu cukup lama mereka keluar dari sarang, tetapi mereka hanya menampakkan diri tak lebih dari lima menit.

"Nunggunya lumayan lama, munculnya ngga lebih dari lima menit, masuk ke hutan lagi," ucap Dimas.

Setelah menengok bekantan, tim pun melanjutkan ke titik cantik lain yang ada di sekitar Danau Sentarum. Namanya Bukit Tekenang. Dimas mengatakan, rasanya kurang lengkap jika ke Danau Sentarum tapi tak berkunjung ke bukit ini.

"Ramon naik ke Bukit Tekenang. Kalau ke Sentarum, enggak lengkap kalau nggak ke sana (Bukit Tekenang). Dari bukit itu, lanskap danau semuanya kelihatan," tutur Dimas.

Petualangan tim "100 Hari Keliling Indonesia" bertemu bekantan akan dikisahkan dalam tayangan episode ke 9. Program yang dipandu Ramon Y Tungka tersebut akan tayang pada Rabu (6/11/2013) jam 20.00. Sedangkan beberapa kisah menarik lain perjalanan tim telah dimuat di Kompas.com rubrik Travel.


Kebutuhan Informasi dan Panduan seputar Traveling, Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.