Kompas.com - 15/12/2013, 12:34 WIB
EditorI Made Asdhiana
DONGGALA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mempromosikan 900 desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia agar lebih dikenal di mancanegara.

"Kami akan mempromosikannya secara bersama-sama sehingga desa-desa wisata itu bisa dikenal di seluruh dunia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Pangestu ketika berkunjung ke Desa wisata Tanjung Karang, Kelurahan Labuhan Bajo, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/12/2013).

Dalam rangkaian Hari Nusantara 2013, Menparekraf mencanangkan desa wisata dan mengemukakan bahwa Sulawesi Tengah kaya akan potensi bahari yang dapat dimanfaatkan sebagai daya tarik pariwisata.

Salah satunya adalah Desa Tanjung Karang yang berada di Kelurahan Labuan Bajo. Keindahan desa tepi pantai ini menarik banyak wisatawan, sehingga untuk memaksimalkan potensinya kini dijadikan desa wisata.

"Pengembangan Desa Tanjung Karang sebagai desa wisata sebenarnya sudah dilakukan sejak 2012, meski secara resmi baru dicanangkan sekarang," ujar Mari saat memberikan sambutan di Anjungan Rakyat Kabupaten Donggala.

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA Warga melintas di depan rumah gadang di Desa Pande Sikek, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat, beberapa waktu lalu. Desa ini menjadi kawasan desa wisata.
Mari mengatakan bahwa Desa Tanjung Karang berpotensi jadi destinasi wisata populer karena desa ini merupakan perpaduan industri kreatif dan pariwisata. "Ada kuliner ikan bakar, kue basah, serta kerajinan ukir yang bisa dijual pada wisatawan untuk mensejahterakan masyarakat setempat," katanya.

Dengan pencanangan ini, Kemenparekraf akan membantu pengembangan sarana wisata desa tersebut, seperti menambah perahu untuk turis, juga alat-alat selam karena desa ini juga terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya.

Usai melakukan pencanangan tersebut, Menparekraf mengunjungi Desa Tanjung Karang dan melakukan penyelaman pantai yang ada di pesisir desa tersebut selama kurang lebih satu jam. "Keindahan bawah laut masih bagus, ikan-ikan, karangnya, masih terjaga," kata Mari.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Desa wisata Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.