Kompas.com - 30/12/2013, 16:10 WIB
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang mengunjungi Pulau Dewata pada 2014 mencapai tiga juta orang karena menyesuaikan dengan kondisi perpolitikan tahun mendatang.

"Pada 2014 tidak bisa berharap lebih dari tiga juta, karena tahun politik. Jadi, saya kira, kita banyak sibuk untuk urusan itu," kata Gubernur Bali, Made Mangku Pastika usai menggelar simakrama (tatap muka dan temu wicara) bulanan dengan masyarakat di Denpasar, Sabtu (28/12/2013).

Menurut Pastika, walaupun dihadapkan pada kendala tahun politik, Pemprov Bali tetap mengharapkan target tersebut dapat tercapai.

Pastika optimistis dengan pencapaian target tersebut karena pada 2014 Bali masih dipilih sebagai tempat penyelenggaraan berbagai konferensi internasional, seperti Konferensi Ahli Jantung Dunia yang akan dihadiri sekitar 3.000 undangan pada April tahun depan.

Di sisi lain, Pastika memandang bahwa masyarakat Bali memiliki semangat "menyamabraya" atau persaudaraan yang tinggi dan mereka sadar kehidupan pariwisata memerlukan suasana aman, tertib dan damai.

"Saya kira tidak ada orang yang mau bikin rusuh terhadap Bali jika sayang dengan daerah kita," ujarnya.

Mantan Kapolda Bali itu mengharapkan para tokoh parpol dan tokoh masyarakat dapat senantiasa mengedepankan suasana yang menyejukkan pada tahun politik.

Jika dibandingkan target kunjungan wisman ke Bali pada tahun ini sebesar 3,1 juta orang, target pada 2014 terjadi sedikit penurunan.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Taman Ujung di Karangasem, Bali.
"Namun, kunjungan tahun ini pasti lebih dari 2012 karena banyak sekali kegiatan internasional," katanya sembari menyebut jika digabungkan dengan wisatawan domestik, kunjungan wisatawan ke Bali total mencapai 10 juta orang.

Hal yang tidak jauh berbeda diprediksi Pastika akan terjadi pada 2014, yakni sekitar tiga juta kunjungan wisatawan mancanegara dan tujuh juta wisatawan domestik.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Bali, kunjungan wisman ke Pulau Dewata dari Januari-November 2013 mencapai 2.979.517 orang yang berasal dari berbagai negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.